Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Jitu Mengakali Kamar Mandi Sempit Terlihat Luas

Tak hanya itu, kamar mandi juga bisa menjadi tempat yang tepat untuk mencari inspirasi. Oleh karenanya, tampilan dan kenyamanan ruangan ini perlu diperhatikan.

Di kota-kota besar, kamar mandi biasanya merupakan ruangan mungil yang posisinya berada di belakang atau terjepit di antara ruangan lainnya.

Karena luasnya, pemilik rumah sering merasa tidak nyaman untuk menghabiskan waktu. Untuk itu, Anda perlu merombak kamar mandi guna menciptakan ilusi ruangan yang lebih luas.

Bagaimana caranya? Kompas.com merangkum kiat membuat ruangan kamar mandi terasa lebih luas, seperti dilansir dari laman Urdesignmag.

Hilangkan semua barang yang tidak perlu

Cobalah untuk mengatur kamar mandi Anda dengan memilah barnag-barang yang tidak perlu. Anda bisa menempatkan benda-benda yang masih digunakan pada rak atau keranjang khusus.

Sikat gigi dan produk pembersih lainnya bisa dimasukkan ke dalam wadah. Sementara obat-obatan dan pil bisa ditempatkan pada lemari obat.

Selain itu, Anda tak perlu menempatkan bathtub jika memang jarang digunakan untuk berendam, terlebih karena ruangan sangat terbatas.

Gunakan shower area sebagai pengganti bak mandi. Atau, kalau masih ingin menggunakan bak mandi, pilihlah yang berukuran mungil juga sehingga penggunaan ruang bisa maksimal.

Penempatan keramik

Penempatan keramik yang tepat dapat membuat ruangan terasa lebih luas. Untuk kamar mandi, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih keramik yang berbentuk persegi panjang, bukan bujur sangkar.

Selanjutnya, tilik kembali kekurangan kamar mandi Anda. Apakah Anda menginginkan lagit-langit kamar mandi yang lebih tinggi, atau ruangan yang lebih lebar.

Guna memberikan kesan lamngit-langit yang lebih tinggi, pasang keramik secara horizontal. Efek yang sama juga bisa didapatkan ketika Anda memasang wallpaper bermotif garis secara horizontal.

Sementara jika Anda menginginkan kesan ruangan yang lebih lebar, maka pasang keramik secara vertikal. Efek seruppa dapat Anda dapatkan ketika memasang bingkai foto atau lukisan sejajar secara vertikal.

Letakkan cermin berukuran besar

Cermin di kamar mandi tidak cuma membantu kita saat berdandan, namun juga membuat ilusi agar ruangan terasa lebih luas.

Trik menipu mata yang satu ini pasti sudah kerap Anda dengar. Tempatkan cermin berukuran besar, pada salah satu dinding kamar mandi secara memanjang ke langit-langit.

Tak hanya memberi kesan lega, memasang cermin berukuran besar juga membantu kamar mandi tampak lebih terang. Cermin akan memantulkan cahaya dari lampu ke seluruh ruangan.

Masih ada satu lagi kegunaannya, yaitu membuat kamar mandi jadi lebih cantik. Sekarang sangat mudah mendapatkan cermin dengan desain-desain yang unik.

Warna yang serasi berbaur dengan baik pada sudut dan tepian kamar mandi. Efeknya, Anda akan merasa ruangan tersebut menjadi lebih luas.

Cahaya alami

Jika memungkinkan, biarkan cahaya alami masuk ke kamar mandi. Ruangan yang cukup terang sering tampak megah.

Jangan lupa untuk sering-sering membersihkan jendela ruangan Anda. Kotoran yang menumpuk dapat menghalangi masuknya cahaya matahari ke ruangan.

Gunakan rak terbuka

Rak terbuka menambah persepsi tentang kedalaman ke kamar mandi Anda. Pilih salah satu rak dan tempatkan pada dinding untuk menyimpan barang-barang agar teratur dan rapi.

Rak terbuka meningkatkan efek kedalaman. Sedangkan rak tertutup hanya akan membuat tampilan ruangan terlihat lebih menyusut.

Kaca transparan

Seringkali pemilik rumah menggunakan tirai shower atau kaca bermotif sebagai pemisah antar ruangan di kamar mandi. Jika memungkinkan, gunakan kaca transparan agar tampilan ruangan semakin lebihh besar.

Kaca transparan memungkinkaan Anda mengintip setiap sudut kamar mandi. Setiap cahaya di dalam ruangan akan dibiaskan secara efektif di ruang terbuka yang jernih sehingga tampak lapang.

https://properti.kompas.com/read/2020/05/24/213625621/cara-jitu-mengakali-kamar-mandi-sempit-terlihat-luas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke