Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berita Menarik: Tol Fungsional Dibuka untuk Arus Balik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembukaan jalan tol fungsional di Jawa Tengah untuk arus balik masih menjadi berita yang paling banyak dibaca di kanal Properti Kompas.com pada Senin (18/6/2018).

Kemudian, berita tentang kemacetan di Jalan Tol Ruas Kertosono-Madiun pada hari kedua Lebaran 2018 juga menyita perhatian banyak pembaca.

Berikut ini daftar lengkapnya:

1. Tol fungsional di Jawa Tengah dibuka untuk arus balik pada Senin pagi

Jalan tol fungsional di Jawa Tengah mulai Senin (18/6/2018) dibuka untuk arus balik.

Seremoni pembukaan jalan tol fungsional untuk arus balik 2018 dilakukan oleh Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono bersama Panglima Kodam IV Diponegoro Mayor Jenderal TNI Wuryanto.

"Rencana pembukaan jalan tol fungsional sebagai arus balik dilakukan pada Senin, 18 Juni 2018, pukul 06.00 WIB," ujar Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jawa Tengah Komisaris Besar Agus Triatmadja, Minggu (17/6/2018).

Baca berita selengkapnya di sini: Senin Pagi, Tol Fungsional Dibuka untuk Arus Balik

2. Antrean hingga 2,5 kilometer di ruas Kertosono-Madiun pada Sabtu malam

Sebanyak 27.000 kendaraan melintasi Tol Ngawi-Kertosono pada H+2 Lebaran atau Sabtu (16/6/2018). 

Kepadatan terjadi hingga malam menjelang. Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Iwan Moedyarno mengungkapkan, lonjakan volume kendaraan terjadi di antara ruas Kertosono-Madiun. 

Baca berita selengkapnya di sini: Semalam di Ruas Kertosono-Madiun, Antrean Mencapai 2,5 Kilometer

3. Tol Jakarta-Cikampek macet pada Sabtu siang di beberapa titik

Lalu lintas Jalan Tol Jakarta-Cikampek, baik yang ke arah Cikampek maupun ke arah Jakarta, tampak lancar pada Sabtu (16/6/2018) pukul 11.30 WIB.

Menurut pantauan Kompas.com, kondisi itu terlihat mulai dari Cawang Km 0 sampai ke Km 6 arah Cikampek. Pengemudi bisa memacu kendaraannya di atas 80 km per jam.

Laju kendaraan mulai lambat dengan kecepatan 20 sampai 40 km per jam mulai dari Km 7 mendekati daerah Cikunir, Bekasi. Kemacetan mulai terasa di Km 8+200, di samping GT Pondok Gede Timur 1, bahkan kendaraan harus berhenti beberapa detik.

Baca berita selengkapnya di sini: Titik Kemacetan di Tol Jakarta-Cikampek Siang Ini


4. Tol fungsional dibuka untuk arus balik pada Senin-Rabu

Tol fungsional jaringan Trans-Jawa akan mulai dibuka selama tiga hari mulai Senin (18/6/2018) pukul 06.00 WIB hingga Rabu (20/6/2018).

Seperti pada saat arus mudik sebelumnya, ruas tol fungsional dibuka 1 jalur 2 lajur, atau hanya satu arah, yaitu menuju Jakarta.

Dari data arus mudik tahun 2017 yang tercatat di gerbang tol (GT) Cikarang Utama, jumlah kendaraan menuju arah Jakarta pada puncak arus balik diperkirakan sebanyak 100.000-120.000 unit. 

Baca berita selengkapnya di sini: Senin-Rabu, Tol Fungsional Dibuka untuk Arus Balik

5. Tol Medan-Tebing Tinggi dibuka fungsional, lalu lintas diklaim kini lancar 

Mulai Senin (11/6/2018), Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) Seksi I Simpang Susun (SS) Tanjung Morawa-SS Parbarakan sepanjang 10,75 km telah dibuka sebagai jalur fungsional untuk arus mudik dan balik Lebaran 2018.

Kondisi jalannya seperti tol operasional karena sudah selesai dikerjakan dan siap untuk diresmikan. Pembukaan ruas tol itu membuat arus lalu lintas dari Medan ke Tebing Tinggi dan sebaliknya dinyatakan menjadi lebih lancar.

“Simpang Kayu Besar biasanya macet. Namun, dengan dibukanya ruas tol fungsional Tanjung Morawa ke Parbarakan, Kualanamu ke Tebing Tinggi lancar,” ujar Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) II Kementerian PUPR Paul Ames Halomoan dalam pesan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (17/6/2018).

Baca berita selengkapnya di sini: Tol Medan-Tebing Tinggi Dibuka Fungsional, Kementerian PUPR Klaim Lalu Lintas Kini Lancar

 

https://properti.kompas.com/read/2018/06/19/085600221/berita-menarik--tol-fungsional-dibuka-untuk-arus-balik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke