Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demi Lebaran 2018, Pengerjaan Tol MKTT Dikebut

Kompas.com - 05/07/2017, 22:49 WIB
Dani Prabowo

Penulis

 

JAKARTA, KompasProperti  – Pengerjaan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) sepanjang 61,72 kilometer kembali dikebut.

Konstruksi ruas jalan yang menjadi bagian dari jaringan Tol Trans-Sumatera ini telah mencapai 79,8 persen.

Saat musim mudik Lebaran 2017, sebagian jalan tol ini telah difungsikan atau dibuka sementara.

Adapun ruas yang dibuka yaitu Seksi 2-6 mulai dari Bandara Kualanamu hingga Sei Rampah sepanjang 41,6 kilometer.

“Kami akan mulai mempercepat pengerjaan ruas tol darurat, kami genjot lagi untuk mendukung mudik Lebaran 2018 sehingga pelayanannya bisa lebih baik lagi," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis yang diterima KompasProperti.

Untuk meningkatkan kelayakan investasi, pemerintah memberikan dukungan pembiayaan pembangunan tol tersebut.

Dukungan itu berupa pembangunan sebagian konstruksi jalan tol pada Seksi 1 Simpang Tanjung Morawa-Simpang Perbarakan (7,5 Km) dan Seksi 2 Simpang Perbarakan - Kualanamu (7,05 kilometer) dengan dana APBN Rp 1,4 triliun.

 

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Sebagian ruas Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) yang tengah dikerjakan.

Progres konstruksi yang menjadi porsi Pemerintah tersebut kini sudah 77,03 persen, sementara untuk pengadaan lahannya sudah 99,06 persen.

Sementara itu PT Jasa Marga Kualanamu Tol (JMKT) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), mengerjakan konstruksi Seksi 1A Tanjung Morawa (3,5 kilometer), Seksi 3 Sp. Perbarakan-Sp. Lubuk Pakam (4,85 kilometer), dan Seksi 4A dan Seksi 4B Sp. Lubuk Pakam-Sp. Perbaungan (12,83 kilometer).

Mereka juga mengerjakan Seksi 5 Sp. Perbaungan-Teluk Mengkudu (9,58 kilometer), Seksi 6 Teluk Mengkudu-Sei Rampah (7,79 kilometer) dan Seksi 7 Sei. Rampah-Tebing Tinggi (8,87 kilometer).  

Progres untuk Seksi 3- 6 semuanya sudah di atas 86 persen, sedangkan Seksi 1A 12 persen, dan Seksi 7 masih dalam proses pengadaan lahan. 

“Ditargetkan pada Desember 2017, sebagian ruas tol ini yakni Seksi 1-6 sepanjang 49,6 bisa selesai. Sisanya sepanjang 12,12 kilometer yakni Seksi 1A dan Seksi 7 dapat selesai tahun 2018,” lanjut Basuki.  

Pangkas Waktu Tempuh 

Bila proses konstruksi telah rampung, jalan tol ini mampu memangkas waktu tempuh dari Kota Medan ke Bandara Kualanamu dan sebaliknya menjadi sekitar 30 menit, dari normalnya satu jam.  

Selain itu, perjalanan masyarakat dari Kota Medan  ke Tebing Tinggi juga akan lebih cepat menjadi satu jam, dari pada saat ini sekitar 2,5-3 jam. 

 

Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Salah satu pintu gerbang tol yang dibangun di ruas Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT).

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com