Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

72 Persen Kendaraan Pemudik Telah Kembali ke Jakarta

Kompas.com - 02/07/2017, 18:53 WIB
Auzi Amazia Domasti

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Sebanyak 72,03 persen dari total pemudik yang keluar Jakarta sejak H-7 menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 2017, telah kembali ke Jakarta.

Menurut data yang dirilis PT Jasa Marga (Persero) Tbk, mereka balik ke ibu kota dengan melintasi Tol Jakarta-Cikampek melalui Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama.

Jumlah tersebut sebanyak 617.502 kendaraan yang dihitung dua hari setelah Idul Fitri, yaitu Minggu (26/6/2017), sampai dengan Sabtu (1/7/2017).

Ada pun volume kendaraan yang melintasi Tol Jakarta-Cikampek melalui GT Cikarang Utama pada hari ke-lima setelah Hari Raya Idul Fitri, Sabtu (1/7/2017) tercatat sebanyak 110.000 unit.

Jumlah ini melonjak 56,38 persen dari Lalu lintas Harian Normal (LHR) yang biasanya sebanyak 70.000 kendaraan.

PT Jasa Marga (persero) Tbk memprediksi arus balik pada hari ke-enam setelah Lebaran ini mencapai 110.000 kendaraan atau total 728.000 kendaraan yang sudah melewati GT Cikarang Utama.

"Untuk mengantisipasi tingginya arus lalu lintas, Jasa Marga menyiagakan 31 gardu tol operasi serta petugas jemput kendaraan (JKR) untuk melayani pengguna jalan," ujar AVP Corporate Communication Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso dalam keterangan tertulis yang diterima KompasProperti.

Menghadapi musim balik Lebaran 2017, Jasa Marga terus berupaya meningkatkan pelayanan dan menyediakan layanan informasi real time, yang dapat dihubungi melalui beberapa platform seperti call center Jasa Marga 24 jam di nomor telepon 14080, dan Twitter @PTJASAMARGA (khusus informasi lalu-lintas) dan @official_JSMR (untuk informasi umum lainnya).

Kompas Video Kompas.com - Tim Merapah Trans Jawa Kompas.com dan Otomania.com kembali memantau perkembangan pembangunan Tol Brebes Menuju Pemalang. Tim akan menelusuri ruas Tol baru dari Brebes hingga Surabaya.
Kompas Video Ruas Tol Bawen-Salatiga yang termasuk bagian dari Jalan tol Semarang-Solo akan digunakan saat mudik Lebaran 2017.
Kompas Video Para pengguna jalur Tol Ruas Solo-Sragen wajib waspada dikarenakan terdapat 54 Persimpangan dengan jalur warga.
Kompas Video Begini kondisi ruas Tol Jombang-Mojokerto.
Kompas Video Saat melintasi ruas Tol Bangil-Rembang pengendara disuguhi pemandangan indah Gunung Arjuno.
Kompas Video Tol Brebes Timur-Pemalang, dan Pemalang-Batang merupakan dua ruas yang difungsikan secara darurat pada Senin (19/6/2017).


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com