Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KPR Imam Masjid Istiqlal Diharapkan Jadi "Pilot Project"

Kompas.com - 22/06/2017, 12:00 WIB
Dani Prabowo

Penulis

JAKARTA, KompasProperti - Bantuan kredit pemilikan rumah (KPR) subsidi yang disalurkan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk kepada imam, mua'dzin dan karyawan Masjid Istiqlal, diharapkan mampu menjadi pilot project bagi program serupa di daerah.

Selain meringankan beban, bantuan tersebut juga sebagai salah langkah realisasi program sejuta rumah yang kini tengah diakselerasi pemerintah.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menilai, para imam, mua'dzin dan karyawan Masjid Istiqlal selama ini telah berdedikasi penuh dalam memakmurkan masjid.

Tak jarang, mereka harus menempuh perjalanan jauh dari tempat tinggal mereka untuk dapat menjangkau Istiqlal.

"(Di sisi lain) masih ada kebutuhan untuk membeli rumah, sementara pekerjaannya dimulai dari pagi subuh hingga isya," kata Sri Mulyani usai penandatanganan nota kesepahaman di Kantor Kemenkeu, Rabu (21/6/2017).

Sebagai bagian dari masyarakat, ia menambahkan, mereka juga berhak mendapatkan bantuan KPR subsidi dari pemerintah.

Melalui skema syariah (iB), diharapkan bantuan tersebut dapat menjadi alternatif bagi umat dalam memiliki rumah yang berkualitas namun juga murah.

"Program yang dilaksanakan melalui Unit Usaha Syariah (UUS) BTN akan menjadi pilot untuk meningkatkan kesejahteraan khususnya dalam hal perumahan," kata dia.

Sementara itu, Direktur Utama Bank BTN Maryono mengatakan, ada 100 orang imam, mua'dzin dan karyawan Masjid Istiqlal yang akan mendapatkan bantuan ini. Namun untuk tahap pertama, bantuan tersebut baru direalisasikan untuk 20 orang.

BTN bekerja sama dengan PT Multi Griya Propertindo dalam menyediakan perumahan khusus di Parung, Bogor. Harga rumah per unit dibanderol sebesar Rp 141 juta.

Adapun bantuan yang disalurkan yaitu sebesar 17,5 persen dari total harga jual rumah atau sekitar Rp 24,5 juta per orang. Bantuan tersebut terdiri atas bantuan dari BUMN, uang muka pemerintah dan bantuan lainnya.

Dari BUMN, bantuan yang diberikan sebesar Rp 17,5 juta per orang. Total bantuan ini nantinya akan digunakan untuk subsidi uang muka dan biaya proses KPR BTN subsidi iB.

Dengan adanya bantuan tersebut, BTN akan memberikan KPR BTN subsidi iB sekitar Rp 116,75 juta per orang.

"Ini bukan hnaya untuk Masjid Istiqlal tapi akan kita lanjutkan proyek-proyek ini ke kota-kota lain," kata Maryono.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com