Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antrean Kendaraan 1 Kilometer di Pantura Semarang

Kompas.com - 21/06/2017, 09:58 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KompasProperti - Memasuki H-5 Lebaran, pemudik mulai memasuki wilayah Jawa Tengah. 

Pemudik asal Jakarta dan sekitarnya terlihat mendominasi sepanjang jalan pantai utara (Pantura) Jawa dari Batang hingga Kota Semarang.

Pantauan Kompascom pada Selasa (20/6/2027) pagi dan sore hari menujukkan hal yang berbeda.

Pada Selasa pagi, kepadatan lalu lintas terlihat di sepanjang jalur Pantura Semarang, tepatnya di Jalan Walisongo. Antrean kendaraan di lokasi itu mencapai 1 kilometer.

Kendaraan pemudik relatif masih bisa berjalan pada Selasa pagi. Di titik yang sama pada pagi hari, kendaraan besar seperti truk besar dan tronton juga masih memenuhi jalanan Pantura.

Sementara di Jalur Batang dan Kendal terpantau ramai lancar. Tidak terlihat kemacetan di jalur itu. Kepadatan hanya terlihat di jalur Jrakah dan Krapyak Semarang.

Sedangkan jalur sebaliknya dari Semarang ke arah Jakarta pada Selasa pagi, tidak ada kepadatan yang cukup berarti.

Dari pantauan pada Selasa sore, kepadatan mulai terlihat selepas exit toll fungsional Gringsing, Batang, terutama di wilayah Kangkung dan Cepiring, Kabupaten Kendal. Lokasi kendaraan di lokasi itu padat merayap.

Kepadatan juga terjadi di pintu masuk sebelum Kota Semarang. Di lokasi jalan arteri Kendal kendaraan terpantau menumpuk pada Selasa sore.

Pemudik sendiri umumnya pulang menggunakan mobil pribadi baik dari plat honor B Jakarta, plat D Bandung, plat T Karawang, Purwakarta/Indramayu.

Pemudik yang mengenakan sepeda motor dan bus juga terpantau lumayan banyak di sore hari.

Banyak juga dari pemudik yang terlihat menepi untuk istirahat di rest area yang disediakan pemerintah, masyarakat, BUMN dan kalangan swasta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com