Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Jatuh di Sungai, Pengelola Tol Imbau Pemudik Hati-Hati

Kompas.com - 21/06/2017, 08:29 WIB
Kontributor Semarang, Nazar Nurdin

Penulis

SEMARANG, KompasProperti – Peristiwa kecelakaan tunggal diduga terjadi di tol fungsional terjadi di ruas Tol Pemalang-Batang, tepatnya di ruas wilayah Desa Sewaka, Pemalang, pada Selasa (20/6/2017).

Tidak ada korban jiwa dalam insiden itu, namun sebuah mobil Honda Freed bernomor polisi B 1335 SFW jatuh ke sungai.

Berdasarkan sejumlah informasi yang didapat, mobil Freed dikemudikan oleh Marjilah, warga Jakarta Utara.

Dia melaju dari arah Jakarta, masuk melalui tol fungsional dari Brebes. Namun saat tiba di lokasi kejadian, atau sebelum jembatan besi di atas sungai kecil, mobil oleng sehingga masuk ke sungai. Mobil jatuh dalam kondisi terbalik.

“Benar mas. Kejadian itu betul (terjadi) di wilayah Pemalang,” kata Kepala Humas PT Jasa Marga Semarang Batang Iwan Abrianto, Rabu (21/6/2017) pagi.

Menurut laporan yang diterimanya, pengemudi saat terjatuh dalam kondisi mengantuk, hingga keluar jalur.

“Masuk sungai, tapi tidak ada korban jiwa,” ujarnya.

Dia pun meminta pemudik untuk berhati-hati dalam menggunakan jalan tol fungsional. Jika mengantuk, diminta untuk beristirahat di rest area yang telah dipersiapkan.

“Kami titip pesan untuk selalu berhati-hati, apabila ngantuk gunakan rest area yang disediakan untuk beristirahat,” tambahnya.

Jalan Tol Pemalang-Batang sendiri dilengkapi dua exit toll, yaitu berada Exit Beji di STA 335+300 dan Exit Bojong di STA 354+870.

Pemudik yang keluar Exit Beji membutuhkan 3,8 kilometer lagi untuk dapat sampai di Jalur Pantura. Dengan jalan akses keluar lewat Jalan Petarukan.

Sementara untuk Exit Bojong, pemudik perlu 10 kilometer lagi untuk bisa sampai ke Kajen, Kabupaten Pekalongan.

Jalan keluar nantinya tersambung dengan jalan milik provinsi, yaitu di Jalan Raya Bojong. Jalan tol yang digunakan secara darurat itu juga dilengkapi dua rest area, yaitu di Rest Area Kelang Depok di STA 344+500 dan Rest Area Candi Areng di STA 366+375.

Pemudik yang melalui jalur itu perlu berhati-hati lantaran sekeliling jalan tol fungsional masih berupa tanah dan sawah.

Selain itu, jalan juga masih terasa bergelombang. Pengendara juga perlu hati-hati ketika hendak naik turun jalan persimpangan.

Umumnya jalan menuju jembatan di jalan tol belum sebaik standar jalan, sehingga pemudik perlu waspada.

Sementara soal penerangan, jalan itu sebagian telah dipasangi reflektor dari bambu. Penerangan sementara itu dipasang di kanan dan kiri badan jalan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com