Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Dorong Pembangunan Rumah Murah

Kompas.com - 27/04/2017, 11:30 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

TANGERANG SELATAN, KompasProperti - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pembangunan rumah susun milik (rusunami) seharga Rp 295 juta per unit di Tangerang Selatan.

Rusun sebanyak 6.000 unit tersebut merupakan hasil pembiayaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan dan dibangun oleh PT PP (Persero) Tbk melalui anak usahanya, PT PP Urban (PP Urban).

"Kalau pekerja mampu (beli) saya dorong terus BUMN baik itu BPJS, atau PP untuk terus bangun ini," ujar Jokowi saat proses peletakan batu pertama proyek tersebut, Kamis (27/4/2017).

Jokowi mengatakan, unit rusunami ini cukup terjangkau untuk pekerja. Dengan harga Rp 295 juta, uang muka yang perlu disisihkan hanya 1 persen atau Rp 2,9 juta. Sedangkan cicilannya hanya Rp 1,2 juta per bulan.

Penuturan Jokowi ini pun disambut tepuk tangan dari para pekerja yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI).

"Kalau tepuk tangan begini, berarti mampu (beli unit)," tutur Jokowi.

Kompleks rusunami ini bernama PP Urban Town@Serpong yang dikhususkan untuk para pekerja di daerah Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Pembangunan proyek rusunami ini dilaksanakan di atas lahan yang bekerjasama dengan PT Ruragraha (Bukit Sarua Development).

Kompleks rusunami bernama PP Urban Town@ Serpong yang dikhususkan bagi para pekerja di daerah Serpong Tangerang Selatan Banten ini dibangun di atas lahan milik PT Ruragraha (Bukit Sarua Development).

PP Urban Town@ Serpong berdiri di atas lahan seluas 8,5 hektar dengan konsep pengembangan superblok yang terdiri dari 11 menara rusunami dan apartemen.

Rusunami dan apartemen ini juga dikombinasikan dengan kantor dan ritel yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di kawasan tersebut.

Sebanyak 9 menara terdiri dari 6.000 unit khusus untuk pekerja dan MBR yang dapat menampung populasi sekitar 18.000 jiwa.

Luas unitnya adalah 30 meter persegi yang terdiri dari 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, dapur dan ruang keluarga dengan harga Rp 8,4 juta per meter persegi atau sekitar Rp 294 juta.

PP Urban Town@Serpong dilengkapi dengan fasilitas umum dan sosial seperti penitipan anak para pekerja, playground, play group, serta fasilitas penunjang keseharian lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com