Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Yakin Buruh Bisa Beli Rusunami dengan DP 1 Persen

Kompas.com - 27/04/2017, 11:07 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

TANGERANG SELATAN, KompasProperti - Presiden Republik lndonesia Joko Widodo meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking rumah susun sederhana milik (rusunami) di Tangerang Selatan.

Rusunami ini dibangun PT PP Tbk (Persero) melalui anak perusahaannya PT PP Urban (PP Urban) dengan total 9.000 unit yang 6.000 di antaranya ditujukan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Tadi saya bertanya ke Dirut PP, berapa yang mau dibangun? Dia jawab 9.000 unit, tapi akan ditawarkan untuk pekerja dan buruh adalah 6.000 unit," kata Jokowi dalam sambutannya di lokasi proyek, Kamis (27/4/2017).

Jokowi juga bertanya kepada para pekerja yang hadir dalam peresmian tersebut, apakah mampu membeli rusunami itu.

Pasalnya, harga yang dibanderol untuk rusunami itu adalah Rp 294 juta dengan uang muka atau down payment (DP) satu persen atau sekitar Rp 2,9 juta.

"Dengan harga dan uang muka ini sanggup tidak membelinya? Nah kalau mampu dan yakin ini akan saya dorong terus BUMN, seperti PP dan BPJS Ketenagakerjaan untuk terus melakukan pembangunan rusunami untuk MBR," tutur Jokowi.

Dengan cicilan hanya Rp 1,2 juta per bulan, Jokowi yakin para pekerja dan buruh mampu membeli rusunami di kawasan PP Urban Town tersebut.

Terlebih Jokowi menilai kualitas yang diberikan PP Urban dalam unit-unit rusunaminya sudah sangat baik.

"Tadi saya lihat contohnya, tipe 30 sangat bagus ada 2 kamar tidur dan ruang makan. Bagus sekali," tambah dia.

Selain Jokowi, acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Ketenagakerjaan Muhammad Hanif Dhakhiri, dan Komisaris Utama Perseroan Andi Gani Nena Wea.

Mereka juga didampingi Direktur Utama Perseroan Tumiyana, Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Agus Susanto dan Direktur PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atau BTN Maryono.

Kompleks rusunami bernama PP Urban Town@Serpong yang dikhususkan bagi para pekerja di daerah Serpong Tangerang Selatan Banten ini dibangun di atas lahan milik PT Ruragraha (Bukit Sarua Development).

PP Urban Town@Serpong berdiri di atas lahan seluas 8,5 hektar dengan konsep pengembangan superblok yang terdiri dari 11 menara apartemen.

Apartemen ini juga dikombinasikan dengan kantor dan ritel yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat di kawasan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com