Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rabu, Jokowi Resmikan PLBN Motaain

Kompas.com - 27/12/2016, 12:36 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

BELU, KOMPAS.com - Setelah meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong sepekan lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan kembali meresmikan PLBN Terpadu Motaain di Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berbatasan dengan Timor Leste pada Rabu (28/12/2016).

Selain PLBN Motaain, Presiden Jokowi bersama dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono juga akan melihat PLBN lainnya di NTT yakni PLBN Motamassin di Kabupaten Malaka.

PLBN Motamassin sedang dalam tahap penyelesaian akhir. Kedua PLBN tersebut dibangun sejak November 2015 silam.

"Seluruh PLBN terpadu di Entikong, Aruk, Nanga Badau (Kaliamantan), Motaain, Motamassin (NTT), dan Wini serta Skouw di Papua sudah siap untuk Bapak (Jokowi) resmikan, bisa akhir Desember atau Januari 2017," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, di PLBN Entikong, pekan lalu.

Sama seperti PLBN Entikong di Kalimantan Barat, PLBN Motaain juga dibangun untuk menggantikan PLBN lama di atas lahan seluas 8,03 hektar dengan biaya Rp 82 miliar.

Rencana pengembangan PLBN Motaain meliputi zona inti yang terdiri dari Gerbang Tasbara dan Pos Jaga, Karantina Tumbuhan dan Hewan, Pemeriksaan Imigrasi, Jembatan Timbang, Pemeriksaan X-Ray Kendaraan, Bea Cukai, dan Lambang Negara Indonesia.

Untuk zona sub-inti dan pendukung terdiri dari Wisma Indonesia dan Mess Karyawan serta sarana pendukung lainnya. Bangunan PLBN mengadopsi bentukan atap rumah Matabesi, rumah tradisional masyarakat Belu.

Sementara, pengembangan Kawasan PLBN Motamasin saat ini sedang dalam tahap pelelangan konstruksi dengan pagu anggaran Rp 145 miliar untuk pembangunan kawasan seluas 11,29 hektar.

Lingkup kegiatan yang dibangun di PLBN Motamasin secara umum sama dengan di PLBN Motaain, hanya ditambahkan helipad untuk sarana transportasi udara. Kawasan Motamasin berbatasan dengan RDTL di wilayah Covalima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com