Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lippo Karawaci Terbitkan Obligasi 260 Juta Dollar AS

Kompas.com - 11/08/2016, 09:13 WIB
M Latief

Penulis

SERPONG, KOMPAS.com - PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mengumumkan penerbitan obligasi Global Senior Notes durasi 6 tahun sebesar 260 juta dollar AS, Rabu (10/8/2016) kemarin. Penerbitan itu ditawarkan pada harga 103,75, dengan imbal hasil akhir sebesar 6.2 persen YTM.

"Para investor memberikan respon luar biasa dengan order book dari 104 akun sejumlah lebih dari USD1,25 miliar atau 4.8x oversubscribed," ujar Ketut Budi Wijaya, Presiden Direktur LPKR menyatakan, Kamis (11/8/2016).

Hasil dari penerbitan obligasi itu, lanjut Ketut, akan digunakan untuk melunasi obligasi yang jatuh tempo pada 2019 mendatang. Obligasi tersebut menjadi bagian dari obligasi yang jatuh tempo pada 2022.

"Dengan penerbitan tersebut total obligasi pada 2022 menjadi 410 juta dollar AS," papar Ketut.

Penerbitan obligasi yang jatuh tempo pada 2022 ini mendapat peringkat Ba3 dari Moody`s, B+ dari S&P dan BB – dari Fitch. Penerbitan obligasi ini memperoleh partisipasi dari para investor Asia dan Eropa yang membuat global assets manager mengambil sebagian besar dari obligasi tersebut. Investor dari Asia mendapat alokasi 87 persen dan sisanya dialokasikan ke akun investor dari Eropa.

Adapun Deutsche Bank, Citigroup dan UBS bertindak sebagai Joint Global Coordinator, sementara Bank of America Merrill Lynch, Credit Suisse, Citigroup, UBS dan Deutsche Bank bertindak sebagai Joint Bookrunners.

"Saya sangat gembira karena penerbitan obligasi ini diterima dengan baik oleh komunitas investor global. Ini menvalidasi kualitas kredit dan pengakuan terhadap model bisnis yang kuat dan seimbang," ujarnya. 

Lebih penting lagi, lanjut dia, hal itu memaparkan manajemen keuangan dan neraca yang kuat. Ketut optimistis LPKR berada pada posisi yang baik untuk mendapatkan manfaat dari bertumbuhnya populasi kelas menengah dan peningkatan permintaan atas perumahan, kesehatan dan gaya hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com