Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum di Dalam Gunung, Kandidat Bangunan Terbaik 2016

Kompas.com - 14/07/2016, 08:43 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Karya mendiang Zaha Hadid telah dinominasikan sebagai salah satu bangunan terbaik di dunia dalam ajang World Architecture Festival (WAF) 2016.

Karya tersebut adalah Messner Mountain Museum (MMM) Corones yang dibangun di puncak Gunung Kronplatz, spot favorit ski di Pegunungan Alpen Italia.

MMM Corones merupakan gagasan dari pendaki gunung terkenal Reinhold Messner yang juga menjadi manusia pertama penakluk Gunung Everest tanpa tambahan oksigen.

Diinagurasikan pada Juli 2015, Corones yang dalam bahasa Latin berarti mahkota juga berarti gunung dalam bahasa Italia menawarkan pemandangan Dolomites yang luar biasa di sekitarnya.

MMM Corones dibangun 2.275 meter di atas permukaan laut dan sebagian bangunannya berada di dalam puncak gunung.

Dibangun pada beberapa tingkatan, konstruksi MMM Corones memiliki jejak kaki kecil seluas 1.000 meter persegi. Hadid merancang museum ini untuk mampu bertahan pada temperatur konstan baik ketika musim dingin atau musim panas.

Di lantai paling bawah, pengunjung akan melewati jendela kaca untuk tiba di sebuah teras yang bisa memberikan mereka panorama 240 derajat.

Untuk menyelesaikan pembangunannya, sebanyak 4.000 meter kubik batu disingkirkan dari puncak Gunung Kronplatz.

Karya Zaha Hadid ini akan bersaing dengan Stasiun Crossrail Place milik Fosters + Partners di London untuk mendapatkan gelar World Building of The Year 2016.

WAF 2016 sendiri rencananya akan digelar di Berlin, Jerman pada 16-18 November 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com