Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andalusia, Masjid Bergaya Spanyol Tempat Transit Para Penglaju

Kompas.com - 13/06/2016, 18:14 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

BOGOR, KOMPAS.com - Bagi yang mengenal kawasan Sentul, pasti sudah tidak asing dengan Masjid Andalusia. Karena letaknya strategis, masjid ini sering menjadi tempat transit sementara para pengendara mobil yang menuju Kota Bogor atau Puncak, Ciawi.

"Kalau Maghrib dan Isya penuh dengan orang-orang kerja dari Jakarta mau pulang ke Bogor. Sebelum ke rumah, solat Maghrib di sini," ujar Direktur Andalusia Islamic Centre Syaripudin Kusin Sardi kepada Kompas.com, Senin (13/6/2016).

Syarip mengatakan, selain di hari-hari biasa, pada akhir minggu, masjid bergaya Spanyol ini juga penuh. Pasalnya, banyak jamaah yang melaksanakan ibadah pada rentang pukul 18.00-19.30.

Pada akhir minggu, kebanyakan jamaah adalah dari pengunjung Restoran Ah Poong, Sentul. Masjid ini memang hanya berjarak beberapa meter dari restoran pinggir sungai tersebut.

Syarip menambahkan, Masjid Andalusi sudah berdiri sejak 2012, persisnya pada Januari. Sementara pengoperasiannya, sudah berlangsung sejak 2007.

"Namanya membangun pasti kan di bawah dulu. Nah, sebelum dipasang keramik, lantai bawah masjid sudah dipakai untuk Jumatan. Warga sini kan kalau cari tempat Jumatan susah," sebut Syarip.

Ia menuturkan, setelah diresmikan, masjid ini mampu menampung lebih dari 3.000 jamaah. Tidak hanya posisinya yang strategis, keindahan Masjid Andalusia juga menjadi daya tarik baik bagi jamaah maupun bagi orang-orang yang melintas di Sentul City.

Masjid ini terinspirasi keindahan, kejayaan dan keberadaban masyarakat Islam di Spanyol. Andalusia, yang sekarang bernama Spanyol Selatan, berdiri pada Ramadhan 92 H, yaitu ketika seorang pejuang Islam, Thariq bin Ziyad bersama pasukannya berhasil masuk ke Spanyol.

Arimbi Ramadhiani Interior Masjid Andalusia, Sentul City, Bogor.
Dalam perjalanannya, Andalusia menjelma sebagai negeri indah dan eksotis. Umat Islam mengisinya dengan tinta emas kejayaan peradaban. Hal ini ditandai dari bangunan-bangunannya yang megah, juga indah.

Tidak hanya itu, ilmu pengetahuan dan penelitian juga berkembang pesat. Hal ini pulalah, yang mendasari pembangunan sekolah dan pendidikan tinggi di kompleks Masjid Andalusia, Tazkia Global Islamic School.

Jenjang pendidikan yang ada di sekolah ini antara lain TK, SD, D3, S1 dan S2. Khusus untuk pendidikan tingginya adalah Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Tazkia.

Total luas lahan Islamic Center dan kampus adalah 2,3 hektar. Sedangkan untuk Islamic Center sendiri memiliki luas 1 hektar. Adapun untuk bangunannya, Islamic Center dirancang seluas 1.250 meter persegi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com