Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Pulang Minggu Malam atau Senin Dini Hari Jika Tak Mau Terjebak Macet!

Kompas.com - 04/05/2016, 18:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Libur panjang atau long weekend yang jatuh pada Kamis 5 Mei 2016 hingga Minggu 8 Mei 2016 membuat PT Lintas Marga Sedaya (LMS) selaku operator Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) memprediksi lonjakan volume lalu lintas hingga dua kali lipat dari hari biasa.

"Normalnya yang melewati Tol Cipali pada hari biasa itu 12.000 sampai 15.000 kendaraan per hari. Saat long weekend nanti bisa mencapai 30.000 kendaraan per hari," kata Wakil Direktur Utama PT LMS, Hudaya Arryanto kepada Kompas.com. 

Hudaya menambahkan, kendaraan mulai mengalir pada hari ini, Rabu, 4 Mei 2016 dan mengalami puncaknya saat Jumat, 6 Mei 2016.

Sementara itu untuk arus balik, Hudaya memperkirakan terjadi pada Sabtu siang tanggal 7 Mei 2016 hingga Senin dinihari tanggal 9 Mei 2016.

"Pada puncak arus balik, lalu lintas yang keluar Gerbang Tol (GT) Cikopo bisa 2,5 kali lebih banyak dari volume normal menjadi 38.000 kendaraan per hari," jelasnya.

Oleh sebab itu, Hudaya mengimbau agar masyarakat berlaku bijak dalam mengambil keputusan untuk pulang ke Jakarta demi menghindari penumpukan kendaraan di GT Cikopo.

"Masyarakat jangan semua memilih pulang pada Minggu malam atau Senin dinihari karena itu bisa menyebabkan kemacetan panjang," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com