Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jembatan Ramah Lingkungan Terpanjang di Inggris Resmi Beroperasi

Kompas.com - 03/05/2016, 18:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Jalan gantung terpanjang di Taman Nasional Arboretum di Westonbirt, Inggris, telah dibuka untuk umum sejak Rabu, 27 April 2016. Jalan ini dirancang oleh Arsitek Glenn Howells bersama insinyur Buro Happold.

STIHL Treetop Walkway dibangun di atas lahan dengan topografi setinggi 13 meter karena mengikuti lembah. Jembatan ini berintegrasi dalam lingkungan dan bergantung pada pendekatan sensitif untuk perancangan dan pemilihan bahan.

"Kami sangat bangga telah merancang jalan puncak pohon unik ini untuk arboretum bersejarah dan terkenal secara internasional di Westonbirt," ujar arsitek Glenn Howells.

Rute sepanjang 300 meter yang berliku-liku ini menawarkan kesempatan bagi pengguna jembatan untuk mendekati pohon-pohon dan kanopi, serta pandangan yang indah di bawah lanskap bersejarah.

Pada empat poin kunci, terdapat 'tonjolan' jalan untuk membentuk hotspot di mana pengunjung dapat terlibat dengan lingkungan alam.

Jalan ini dibuat dengan menggunakan prinsip parametrik komputasi dan menggunakan bahan-bahan yang melengkapi lingkungan. Jarak dari setiap titik kaki jembatan adalah 10,5 meter.

Pagar baja yang kuat dan ringan meminimalisasi jumlah struktur yang diperlukan dan mengurangi dampak pada lingkungan. Selain itu, kaki kayu dipilih karena bahan ini akan menua secara alami dari waktu ke waktu.

Terkenal di dunia, Taman Nasional Westonbirt Arboretum dibangun oleh tiga generasi keluarga Holford dari awal 1800-an, dan telah diakui oleh Heritage Inggris sebagai lanskap dan taman bunga terdaftar yang bersejarah khusus.

Friends of Westonbirt menghabiskan dana senilai 1,9 juta poundsterling (Rp 36,7 miliar). Dengan adanya jalan jembatan, taman ini memberikan pemahaman yang lebih baik dari Arboretum dan lanskapnya.

Jalan ini memungkinkan semua pengunjung, tanpa memandang usia atau kemampuan, untuk memiliki pengalaman dari puncak pohon untuk pertama kalinya.

Sementara menurut Direktur Arboretum Andrew Smith, orang-orang telah menikmati pemandangan Westonbirt selama beberapa generasi. Untuk itu, telah datang waktu bagi mereka menawarkan pengunjung bahwa ada cara baru dan menarik untuk melihat arboretum.

Jembatan ini juga menyajikan cara menyenangkan bagi pengunjung, terutama yang datang bersama keluarga, untuk terlibat dengan dunia pohon.

STIHL Treetop Walkway adalah awal dari bab baru yang menarik dalam sejarah Westonbirt dan dapat dinikmati selama perubahan sepanjang tahun.

"Kami sangat bangga dan mengucapkan terima kasih kepada semua Trust, Yayasan, perusahaan dan donatur individu yang telah memberikan waktu dan uang mereka untuk membuat ini menjadi nyata," tutur Smith.

Sejak tahun 1956 Westonbirt Arboretum telah dikembangkan dan dipelihara oleh Komisi Kehutanan, meliputi 240 hektar, 3.000 taksa (spesies/varietas yang berbeda), lebih dari 15.000 spesimen, termasuk 120 pohon pilihan di Inggris, dan sejumlah koleksi nasional lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com