Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desain Belzberg Hadirkan Nuansa "Layar Tancap" di Rumah

Kompas.com - 28/03/2016, 20:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com - Belzberg Architects menciptakan sebuah rumah dengan konsep home theatre tetapi dalam versi lebih besar. Secara harfiah mampu memberikan suguhan film di layar besar yang berada di rumah.

Rumah yang terletak di Hollywood Hills, Los Angeles (LA), Amerika Serikat (AS) ini menonjolkan cara baru untuk menghibur keluarga dan teman-teman melalui film yang diproyeksikan di dinding belakang rumah tamu.

Baik keluarga ataupun tetangga sama-sama bisa duduk di luar rumah sambil menikmati film dan pemandangan indah kota LA.

The Real Home Theatre

Arsitek Hagy Belzberg dari Belzberg Architects mengatakan, rumah utama dan rumah tamu secara formal terhubung, namun secara fisik dipisahkan oleh sebuah ruangan otomatis.

Ruang ini berfungsi sebagai ruang pertemuan untuk kegiatan sosial dan sebuah platform guna melihat proyeksi ke bagian selatan rumah tamu.

"Dengan aktivasi eksterior seperti itu dan mendorong interaksi antara dua rumah, kami memaksimalkan nilai terbatasnya ketersediaan ruang di dalam rumah," tambah Belzberg.

Meskipun begitu, rumah dengan luas 538 meter persegi dan lokasi menakjubkan ini justru dirancang bersahabat dengan jumlah anggaran yang sangat terbatas.

Belzberg menjelaskan, bangunan ini sangat memerhatikan lingkungan dengan rancangan disesuaikan untuk dana terbatas dan didukung juga oleh penggunaan material lokal di dalamnya.

The Real Home Theatre

Kebutuhan material lokal juga diakui Belzberg sebagai realisasi dari pendekatan rancangan ekonomis dan keinginan membangun gedung ramah lingkungan.

"Konsep umum rumah ini datang dari Carbon Neutral Economics dan menggunakan bahan-bahan material untuk bisa menghemat emisi transportasi karbon," sebut Belzberg.

Belzberg juga mengganti sistem photovoltaic dan turbin angin yang dianggap mahal dengan menggunakan prinsip desain pasif.

Hal itu mampu meminimalisasi banyaknya galian melalui skema yang sesuai dengan kondisi geologi lahan pembangunan.

Fasad kaca dan layar kayu di rumah berfungsi untuk mencegah terjadinya kenaikan suhu akibat cahaya matahari.

Selain itu, sebuah koridor sepanjang bagian barat rumah ini bertindak sebagai peredam panas.

"Pada akhirnya, pendekatan kreatif kami dalam perencanaan lokasi dan konstruksi mampu menghasilkan kehidupan residensial yang terjangkau, berkelanjutan, dan ideal di Hollywood Living," tandas Belzberg.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com