Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nih, Kriteria Pemenang BAA!

Kompas.com - 12/03/2016, 07:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tujuan penyelenggaraan Indonesia Furniture & Craft Buyers Appreciation Awards (BAA) adalah untuk memberikan apresiasi bagi perusahaan yang membeli mebel dan kerajinan Indonesia. Proses penjuriannya berlangsung selama satu tahun.

Tiga perusahaan pemenang tahun ini adalah Yamazen Corporation dari Jepang, A-America Incorporation dari Amerika Serikat, dan IKEA dari Swedia.

"Sejak tahun lalu, sebenarnya IKEA telah mendominasi. Tapi, karena ada sesuatu, kita tunda dulu jadi baru tahun ini. Setiap tahun harus beda pemenangnya," ujar Ketua Penyelenggara Indonesia Furniture & Craft Buyers (BAA) Hatta Sinatra kepada Kompas.com, di JIEXPO Kemayoran, Jumat (11/3/2016).

Salah satu kriteria penilaian, lanjut Hatta, adalah karena perusahaan sudah lama membeli mebel atau kerajinan Indonesia. Selain itu, perusahaan yang mempunyai kontribusi besar untuk Indonesia, juga menjadi kriteria.

Misalnya, IKEA yang sudah mulai membeli produk Indonesia sejak 1990. IKEA juga konsisten melakukan pembelian produk sampai tahun ini.

Barang Indonesia dibawa ke seluruh dunia. Seperti diketahui, toko IKEA sangat banyak dan tersebar di negara-negara dunia.

Di luar itu, IKEA juga mengajari proses pengerjaan akhir (finishing) dan desain. Dalam hal ini, IKEA mensyaratkan produk Indonesia yang bisa dijual di tokonya untuk menggunakan pengerjaan akhir dengan berbasis air (water-based finishing). Cara ini dulu sangat tidak populer.

Selain itu, menurut Hatta, penilaian tak hanya dari angka pembelian mebel dan kerajinan. Jika hanya ini yang menjadi penilaian, tentu akan berbeda hasilnya.

"Tetapi, untuk Jepang, kita perlu angkat (jadi pemenang), karena alasan emosional mereka, supaya ada kedekatan (dengan Indonesia)," jelas Hatta.

Untuk pemenang tahun depan, Asosiasi Mebel dan Kerajinan Indonesia (Amkri) akan melakukan riset kembali.

Jika ada perusahaan yang berbeda dalam satu negara yang sudah menang, tetapi masih memiliki potensi, tidak menutup kemungkinan bisa dimenangkan.

Selama ini, anggota Amkri memiliki daftar para pembeli dari global. Para pembeli ini dikumpulkan dan disaring.

Amkri juga membentuk komite untuk menentukan para pemenang. Rencananya, Amkri melibatkan pemerintah dalam penentuan pemenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com