Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamazen dan A-America Beli Mebel Indonesia Rp 60 Juta Per Tahun

Kompas.com - 11/03/2016, 22:30 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tiga perusahaan internasional telah ditetapkan menjadi pemenang pembelian mebel dan kerajinan terbanyak di Indonesia.

Perusahaan dari Jepang dan Amerika saja telah membeli mebel dan kerajinan yang nilainya di atas Rp 60 juta dalam setahun.

"Rinciannya Jepang itu saya pikir kurang lebih Rp 25 juta setahun, ya. Amerika lebih banyak rata-rata 150 kontainer per bulan kalau dirupiahkan rata-rata Rp 3 juta-Rp 4 juta perbulan," ujar Ketua Penyelenggara Indonesia Furniture & Craft Buyers (BAA) Hatta Sinatra kepada Kompas.com, di JIEXPO Kemayoran, Jumat (11/3/2016).

Perusahaan dari Jepang yang dimaksud adalah Yamazen Corporation, sementara perusahaan Amerika A-America Incorporation. Selain dari dua negara tersebut, Swedia juga mendapatkan penghargaan yang diwakili oleh IKEA.

Hatta tidak menyebut besaran nilai transaksi IKEA membeli mebel di Indonesia. Namun, ia memprediksi, totalnya bisa lebih besar lagi daripada Jepang dan Amerika.

Pasalnya, IKEA tidak hanya membeli mebel dan kerajinan di Indonesia, tetapi juga barang-barang yang lebih kecil, misalnya gelas dan handuk.

Meski demikian, Hatta menegaskan, kriteria penilaian tidak hanya pada pembelian terbanyak saja.

"Bukan cuma angka yang jadi patokan. Kita berikan penghargaan karena konsistensi dia membeli di kita (Indonesia) dan diharapkan dia mau membeli lebih dari itu," jelas Hatta.

Penilaian lainnya, lanjut dia, misalnya dari kontribusi IKEA terhadap kemajuan produk buatan Indonesia.

Mereka, kata Hatta, tidak hanya membeli produk, tetapi juga memberi saran-saran agar produk Indonesia lebih baik lagi ke depannya, dari segi desain dan juga kualitas.

Hatta menuturkan, penghargaan BAA tidak hanya dari asosiasi terkait, tetapi juga dari negara. Hal ini, dibuktikan dengan tandatangan menteri perdagangan atas penghargaan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com