Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Burntwood School", Sekolah Khusus Perempuan Paling Inovatif

Kompas.com - 25/11/2015, 10:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

Sumber CNN

KOMPAS.com - Stirling Prize merupakan anugerah tertinggi bagi karya arsitektur seantero Britania Raya.

Penghargaan yang diberikan oleh The Royal Institute of British Architect (RIBA) itu jatuh ke tangan Burntwood School, sekolah setingkat SMP khusus perempuan di London Selatan.

Burntwood School rancangan studio arsitek lokal London, Alford Hall Monaghan Morris (AMHM) dinyatakan sebagai pemenang mutlak oleh tim juri.

RIBA Stirling Prize yang dianggap sebagai penghargaan arsitektur paling prestisius di Britania Raya telah digelar sejak tahun 1995.

Kriteria pemenang dalam Stirling Prize adalah gedung atau bangunan dengan desain inovatif, aksesabilitas, isu keberlanjutan, dan bagaimana struktur bangunan itu mampu terlibat dan berinteraksi dengan penghuni atau pengunjung.

"Burntwood School menunjukkan pada kita bagaimana rancangan sekolah luar biasa bisa menjadi jantung atau pusat pemeliharaan dan pemberi prestasi pad anak-anak kita. Alford Hall Monaghan Morris yang berpengalaman dalam membangun sekolah telah menciptakan kampus yang menakjubkan," ucap Presiden RIBA, Jane Duncan.

AHMM sukses merenovasi bangunan yang telah ada semenjak tahun 1950-an menjadi lebih modern dengan meningkatkan kapasitas untuk 2.000 pelajar dan 200 staf.

Struktur terbaru menghubungkan dua bangunan budaya besar karya arsitek Sir Leslie Martin dengan enam bangunan fakultas baru.

Sentuhan modern semakin terlihat dari warna-warni yang diberikan oleh AHMM. Tak hanya itu, AHMM juga bekerjasama dengan seniman mural untuk melukis mural besar di struktur Burntwood School.

"Mereka telah menghasilkan bangunan hemat energi dan menyenangkan, serta menguntungkan bagi seluruh masyarakat dalam jangka panjang. Saat ini Inggris menghadapi kekurangan tempat untuk sekolah, maka dari itu sangat penting bagi kita untuk mengambil pelajaran dari Burntwood," kata Duncan.

Tak hanya Burntwood School, proyek AHMM lainnya seperti Westminser Academy, Kentish Town Health Center, dan Angel Building di London juga pernah menjadi perhatian RIBA.

Namun, Burntwood School adalah proyek AHMM pertama yang berhasil meraih Stirling Prize.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com