Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perpustakaan Raja Fahd, Karya Arsitektur Terbaik Tahun Ini

Kompas.com - 23/11/2015, 19:00 WIB
Ridwan Aji Pitoko

Penulis

KOMPAS.com — King Fahd National Library (KFNL) di Riyadh, Arab Saudi, terpilih sebagai karya arsitektur terbaik tahun 2015 oleh program dunia A+Award.

KFNL menempati posisi teratas dari tujuh bangunan yang dipilih sebagai arsitektur inovatif terbaik tahun ini.

KNFL terpilih karena keunggulan struktur bangunan yang ramah lingkungan. Selain itu, para juri menilai KNFL sesuai standar internasional dan mampu memenuhi tantangan perubahan iklim.

Fleksibilitas dan inovasi menjadi faktor terdepan dalam pembuatan KNFL. Dua faktor itu kemudian membuatnya tidak mengonsumsi energi berlebihan dan menjadikannya sebagai bangunan yang berada di atas standar arbitrase.

Pencahayaan dan aliran udara alami memberikan kenyamanan termal bagi para pengunjung ketika berada di dalam KNFL. Hal itu pula yang membuat KNFL minim penggunaan energi.

Perpustakaan ini terdiri atas kabel baja yang berfungsi sebagai lapisan isolasi untuk mencegah dinding menyerap panas matahari.

Kabel baja juga berguna mendorong pendinginan pasif ke semua lantai dalam perpustakaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com