Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jerman Memimpin Eropa

Kompas.com - 09/10/2015, 15:29 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Pasar hotel global terkini menghadapi perubahan besar-besaran. Beberapa negara sedang giat membangun fasilitas akomodasi dengan jumlah pasokan kamar signifikan. Termasuk di antaranya negara-negara Eropa macam Jerman, Inggris, Perancis, dan Spanyol.

Menurut data TOPHOTELPROJECTS, Jerman saat ini memimpin Eropa dalam pipa pengembangan terbanyak dengan 554 hotel. Jumlah ini merupakan sepertiga dari total hotel yang dibangun di benua ini dengan jumlah 250.539 kamar dari 1.513 hotel. 

Menyusul di tempat kedua adalah Inggris dengan 77.142 kamar dari 172 hotel, Perancis dengan 15.281 kamar dari 86 hotel, Spanyol dengan 15.717 kamar dari 82 hotel, dan Italia di tempat kelima dengan 10.301 kamar dari 81 hotel.

Kendati pipa pengembangan hotel baru di Eropa melonjak drastis, namun jika dikomparasikan dengan negara lain masih berada di bawahnya. Amerika Serikat, contohnya, sedang membangun sebanyak 1.347 hotel dengan jumlah kamar 286.882 unit. Sementara China menggenjot konstruksi 218.089 kamar dari 729 hotel. 

Menurut analis perhotelan internasional Stephan Gerhard, perubahan struktural industri perhotelan di Jerman terjadi secara simultan. Jaringan hotel lebih agresif memperluas pangsa pasarnya. Tidak hanya membidik kelas menengah, mewah, juga kelas ekonomi.

"Selain itu, tuntutan kualitatif tamu juga mengalami perubahan, dan akan meningkat lebih lanjut dalam beberapa tahun ke depan. Bisnis biasa-biasa saja akan menghadapi kesulitan, dan hanya perusahaan yang baik yang mampu bertahan," tandas Gerhard.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com