Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garasi "Batman" Ternyata Tak Hanya Ada dalam Film

Kompas.com - 26/09/2015, 20:00 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Sebuah perusahaan arsitektur yang berbasis di Australia, Molecule, baru-baru ini membangun sebuah rumah pahlawan super di Melbourne. Molecule membangun rumah ini untuk satu kliennya yang beruntung dan, tentu saja, kaya.

Klien ini sudah pasti adalah seorang penggemar "Batman" karena dia mendapatkan garasi bawah tanah yang sebelumnya hanya dibangun sementara oleh Christian Bale untuk film The Dark Knight. Molecule bahkan menyebut proyek tersebut sebagai "Wayne Residence".

Fitur paling luar biasa adalah cara mobil masuk ke garasi "Batcave" atau "sarang kelelawar" di bawah tanah. Untuk memasuki garasi tersebut, ada sebuah jalan hidrolik yang mengangkat lapangan tenis dan taman di atasnya.

Intervensi skala besar yang paling jelas adalah selama penggalian. Setelah menyelesaikan pekerjaan, lubang raksasa pun diisi, 'atap' dari ruang bawah tanah ditumpuk dengan tanah baru. Sedangkan taman dan lapangan tenis dikembalikan seutuhnya.

Untuk memasuki garasi tersebut, ada sebuah jalan hidrolik yang mengangkat lapangan tenis dan taman di atasnya.
Teknik yang inovatif memungkinkan mobil untuk mengakses ruang bawah tanah melalui jalan tersembunyi yang tertutup hidrolik dan di atasnya diselimuti dengan rumput. Setelah masuk, panel langit-langit bercahaya dan dinding belakang berupa cermin digabungkan untuk menciptakan ilusi tak berujung. Ruang garasi utama dengan fitur lampu yang memenuhi langit-langit, memberi kesan kuat bahwa lokasinya memang di bawah tanah.

Sebuah tangga yang secara vertikal menghubungkan ruang bawah tanah dan rumah, lantainya terbuat dari kayu solid sementara kayu cladding menanjak dari ruang bawah tanah hingga ke atas. Tangga yang terletak di celah langit-langit berfungsi sebagai penghubung antara "dua dunia", yakni "Batcave" dan rumah utamanya.

Rumah yang memiliki garasi "Batcave" di Australia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com