Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Riset AkzoNobel Pengaruhi Tren Warna Global Selama 13 Tahun

Kompas.com - 21/09/2015, 12:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Menciptakan tren warna bukanlah pekerjaan kilat dan instan. Butuh riset dan studi mendalam selama bertahun-tahun untuk menghasilkan kesepakatan mengenai tren warna yang akan disukai, dan karenanya memengaruhi para pelaku desain global. 

Selama bertahun-tahun pula perusahaan cat terkemuka, AkzoNobel melalui AkzoNobel Global Aesthetic Center, melakukan riset dan studi, sehingga menghasilkan tren desain global yang dikenal sebagai ColourFuturesTM. Program ini juga merupakan salah satu contoh dari inisiatif Kota Humanis yang digagas AkzoNobel.

"Riset ini sangat penting dilakukan, karena kami tak sekadar berbisnis atau menjual cat. Warna dan desain adalah bagian penting dari bisnis AkzoNobel. Kami memanfaatkan keahlian untuk membuat kehidupan kota lebih humanis, berenergi, inpiratif, dan bermanfaat," papar Anggota Komite Eksekutif AkzoNobel Decorative Paints Ruud Joosten, saat peluncuran Colour of The Year 2016 di Somerset House, London, Inggris, Selasa (15/9/2015).

Setiap tahun, selama 13 tahun terakhir, AkzoNobel mempertemukan Analogue Group, yakni sekelompok pakar ternama di bidang desain dan warna, membahas apa yang mereka percaya akan menjadi perkembangan utama di dunia pada tahun-tahun mendatang, berdasarkan tren sosial, dan desain global.

shutterstock Ilustrasi
Mewakili berrbagai bidang di dunia, para ahli tersebut mampu menarik banyaksumber, mulai dari seni rupa hingga teknologi, desain hingga alam, arsitektur hingga fashion, serta musik dan budaya populer, dalam rangka memberikan wawasan kepada industri desain tentang tren terbaru pada tahun-tahun mendatang.

"Setiap tahun, ColourFuturesTM menampilkan kekuatan pendorong yang mendukung semua tren secara bersamaan yang akhirnya disimpulkan menjadi Colour of The Year," tambah Ruud.

ColourFutures TM bertujuan untuk membantu masyarakat agar kota dan warganya terhubung secara emosional, dan fokus pada enam pilar yakni warna, warisan budaya transportasi, olahraga, pendidikan, dan keberlanjutan atau sustainability.

Untuk tren warna tahun 2016, AkzoNobel memilih warna emas atau keemasan yang direpresentasikan menjadi monarch gold, yang memiliki nuansa cukup terang untuk menarik perhatian namun tetap selaras dikombinasikan dengan warna lain.

Dengan melakukan riset dan studi selama bertahun-tahun itu pula, AkzoNobel mampu meningkatkan kinerja bisnis cat dekoratifnya menjadi 27 persen dari total pendapatan perusahaan pada tahun 2014. Sementara total pendapatan perusahaan pada tahun yang sama tercatat 14,3 miliar dollar AS.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com