Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

London Bakal Punya Jalur Gowes Terpanjang di Inggris

Kompas.com - 06/02/2015, 18:16 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber Dezeen

KOMPAS.com — Tidak lama lagi, London akan memiliki jalur sepeda terpanjang di Inggris. Wali Kota London Boris Johnson telah menyetujui rencana pengembangan jalur sepeda yang terbentang dari barat hingga timur ibu kota Inggris ini.

Ia menginginkan adanya koneksi antara jalur sepeda. Oleh karena itu, rancangannya memungkinkan satu jalur sepeda di sepanjang Victoria Embankment terhubung dengan Tower Hill dan Paddington.

Skema desain Transport for London (TFL) yang dipublikasikan bulan ini dijadikan sebagai standar untuk menciptakan kota London menjadi lebih ramah bagi pesepeda.

Meski begitu, di sisi lain, proposal asli untuk menghubungkan timur dan barat ini memperlihatkan adanya penghapusan salah satu jalur lalu lintas ke arah barat. Hal ini memunculkan kekhawatiran akan meningkatnya kemacetan, serta memperpanjang waktu tempuh lintas kota.

Menurut beberapa organisasi, yaitu London First, London Travelwatch, Canary Wharf, dan London Taxi Drivers Association, rencana tersebut bisa meningkatkan lamanya perjalanan dari Limehouse Link ke Hyde Park Corner menjadi sekitar 16 menit.

Setelah proses konsultasi, proposal akhirnya disetujui untuk pembuatan satu jalur yang tidak terlalu lebar di sepanjang jalan untuk mengantisipasi kemacetan.

"Berkat keahlian insinyur TFL dan manajer lalu lintas, kami telah membuat perubahan pada rencana asli untuk membuat siklus jalur terpisah dan persimpangan. Sebaliknya, rancangan baru ini juga tidak mengurangi kapasitas jalan untuk kendaraan bermotor," kata Johnson.

Biaya yang dipersiapkan untuk pembangunan ini adalah sebesar 41 juta euro atau Rp 594 miliar. Adapun pembangunannya sendiri akan dilakukan pada April. Jika sesuai jadwal, pembangunan akan selesai 2016.

Usulan ini didukung oleh beberapa perusahaan, termasuk Royal Bank of Scotland, Deloitte, Orange, Unilever, serta National Health Service, menyusul adanya penurunan jumlah pengendara sepeda di jalan-jalan kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com