Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiongkok Bangun Bandara Berkapasitas 100 Juta Penumpang

Kompas.com - 02/01/2015, 14:09 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Tak mau kalah dengan Uni Emirat Arab yang tengah gencar membangun bandara berkapasitas besar, Tiongkok telah memulai pembangunan Bandara Internasional Daxing, Beijing, yang juga berukuran raksasa, pada awal pekan ini (29/12/2014).

Bandara Internasional Daxing ini merupakan bagian dari rencana besar Tiongkok membangun zona ekonomi transportasi udara senilai total Rp 169,1 triliun.

Ada pun lokasi bandara ini berada di pinggiran selatan, yakni Kabupaten Daxing yang berjarak 46 kilometer dari pusat Kota Beijing.

Bandara Internasional Daxing meliputi area seluas 2.680 hektar. Menurut rencana, pematangan lahan akan siap pada bulan Agustus 2015 yang akan dilanjutkan dengan pembangunan terminal penumpang sebulan kemudian pada September tahun yang sama.

Konsultan bandara ternama, NACO, dipilih untuk mendesain rancangan induknya. NACO akan menampilkan pusat transportasi terintegrasi.

Bandara Internasional Daxing nantinya terkoneksi dengan transportasi publik berbasis rel dengan kecepatan tinggi sepanjang 37 kilometer. Jalur kereta ini akan membawa penumpang dari bandara menuju stasiun kereta api Beijing, dan sebaliknya, dengan waktu tempuh 30 menit.

Desain bandara ini juga memungkinkan konektivitas dengan bandara lainnya melalui jaringan bis metro.

Bandara Internasional Daxing didesain memiliki 7 landasan pacu dan kapasitas besar untuk menangani 100 juta orang per tahun. Pembangunannya sendiri diperkirakan memakan waktu lima tahun hingga beroperasi pada 2019 mendatang dengan estimasi biaya sekitar Rp 141 triliun.

Selain melayani penerbangan internasional, juga melayani penerbangan domestik serta dapat digunakan provinsi tetangga, Tianjin, dan Hebei.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com