Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kembangkan Kota Pintar, Lippo Gandeng Samsung SDS

Kompas.com - 03/12/2014, 18:40 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

CIKARANG, KOMPAS.com - Lippo Group menjalin aliansi strategis dengan Samsung SDS mengembangkan kota pintar atau smart city, Orange County, di Cikarang, Jawa Barat.Orange County seluas 322 hektar ini, diharapkan menjadi kawasan hunian terintegrasi yang aman dan nyaman lengkap dengan aplikasi teknologi canggih terkini.

"Kami meminta bantuan Samsung SDS untuk membuat rancangan induk smart city. Samsung SDS dapat memberikan pilihan bagaimana mengembangkan smart city sesuai kebutuhan kami," ujar President Director & CEO PT Lippo Cikarang Tbk, Meow Chong Loh, saat tanda tangan kontrak kerjasama dengan Samsung SDS, di Orange County, Cikarang, Rabu, (3/11/2014).

Loh mengatakan, sejak awal, Orange County dirancang sebagai kawasan terpadu yang aman dan nyaman. Kedua konsep tersebut hanya dapat terwujud dengan implementasi teknologi tinggi. Untuk menjamin keamanan, kata Loh, nantinya dipasang kamera Closed Circuit Television (CCTV) di beberapa sisi jalan.

"Di samping menambah satpam, CCTV efektif mengawasi kondisi kota. Ditambah lagi dengan peralatan komunikasi yang terintegrasi, penghuni kota nantinya lebih mudah mendapatkan informasi tentang situasi kota," papar Loh.

Dengan menjamin keamanan, Loh berharap, penghuni dapat merasa lebih percaya diri tinggal di Orange County. Jadi, untuk mendukung konsep nyaman tersebut, Loh menjelaskan, penghuni bisa memiliki beberapa aplikasi terkait Orange County.

"Misalnya dia (penghuni) mau pesan makanan, nanti bisa lewat aplikasi tertentu," kata Chief Marketing Officer Lippo Cikarang Stanley Ang.

Sebelum mengimplementasikan smart city, Loh menuturkan, butuh waktu tiga bulan untuk mendesain rancangan induk. Untuk itu, perlu dipersiapkan infrastruktur yang memadai, misalnya penanaman kabel bawah tanah dan menempatkan pusat kontrol smart city. Pusat kontrol ini menjadi tempat seluruh data kemacetan, cuaca, rekaman CCTV, dan informasi lainnya di dalam kota.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com