Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Pemilu, Inggris Siapkan Paket Investasi Infrastruktur Jalan

Kompas.com - 02/12/2014, 07:04 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber AFP
LONDON, KOMPAS.com - Inggris mengumumkan rencana investasi untuk membangun infrastruktur jalan dalam lima tahun ke depan, Senin (1/12/2014). Dana yang disiapkan senilai 24 miliar dollar AS atau setara Rp 295 triliun.

Investasi infrastruktur jalan ini dirancang sebagai bagian dari paket belanja dana sebelum pemilihan umum yang dilaksanakan Mei tahun depan.

Pada kesempatan yang sama, Pemerintah juga mengumumkan inisiatif pembaruan anggaran yang dilakukan pekan ini. Menteri Keuangan Inggris George Osborne akan menyampaikan pernyataan musim gugur sebelum sidang parlemen dimulai pukul 1230 GMT atau Rabu (3/12/2014).

Pernyataan Rabu itu akan meletakkan dasar untuk anggaran tahunan masa akhir jabatan Osborne. Osborne merupakan anggota konservatif dari pemerintah koalisi meliputi mitra junior Demokrat Liberal, juga telah menginvestasikan dana besar untuk pelayanan kesehatan.

"Hari ini saya akan mencetak sejarah sebagai orang paling berani dalam merancang program jalan selama beberapa dekade," kata Menteri (Infrastruktur) Jalan Patrick McLoughlin.

Dia melanjutkan, investasi ini akan secara dramatis meningkatkan jaringan jalan dan membuka potensi ekonomi Inggris. Infrastruktur jalan juga merupakan "kunci" untuk kemakmuran bangsa.

"Pemerintah memiliki rencana jangka panjang untuk mengamankan masa depan negara dan program jalan Rp 295 triliun ini adalah demonstrasi bahwa jalan yang lebih baik memungkinkan kita untuk melakukan perjalanan secara bebas, menciptakan lapangan kerja dan kesempatan kerja yang lebih luas," tandas McLoughlin.

Belanja infrastruktur ini mencakup 100 skema jaringan jalan, 84 di antaranya jaringan baru. Termasuk  sebuah terowongan di jalan A303 pada situs prasejarah Stonehenge di Inggris barat daya. Sementara 1,5 miliar poundsterling lainnya akan dihabiskan untuk menambah jalur tambahan pada beberapa jalan eksisting.

Osborne menambahkan bahwa rencana itu akan mengubah beberapa rute strategis yang paling penting di Inggris.

Namun, Partai Buruh oposisi utama menganggap pengumuman itu bukan hal baru, dan hanya merupakan pengulangan janji program jalan.

"Ini hanyalah pengumuman ulang tentang perbaikan jalan yang dijanjikan. Pemerintah telah mengumumkan rencana investasi untuk infrastruktur jalan setidaknya tiga kali sejak 2013. Dan tidak ada uang tambahan," kata Michael Dugher, juru bicara transportasi Partai Buruh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com