Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nyaris Tutup, Pusat Belanja Ini Diubah Jadi Kampus

Kompas.com - 18/10/2014, 07:10 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber Archpaper

KOMPAS.com - Highland Mall, di Austin, pernah menjadi tujuan berbelanja warganya. Namun, nasib pada 2007 pusat belanja ini tak jelas, nyaris "sekarat".

Segera setelah itu, Austin Community College (ACC) menyiapkan rencana induk dengan perusahaan lokal Barnes Gromatzku Kosarek Architects, dan mulai mencari tambahan 200.000 meter persegi yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan kampus ACC Highland.

Pada saat yang sama, Releaf Properties tertarik mengembangkan proyek mixed use baru di sekitar mal. Merasa cocok, ACC dan Redleaf menandatangani perjanjian, dan Highland Mall berkesempatan untuk hidup kembali. Kemudian, perusahaan komputasi awan Rackspace ikut bergabung dengan proyek dan mendukung ekspansi di wilayah Austin.

Tahap pertama dari proyek untuk kampus ACC Highland adalah toko bekas JC Penney di sepanjang sisi utara mal.

"Highland Mall sendiri dirancang dan dibangun pada awal tahun 1970 dan bagian luarnya menyerupai kue pengantin terbalik," kata arsitek N. Thomas Kosarek.

Bidang beton cor besar tertanam kuat di tempat parkir yang luas. Beberapa strategi intervensi eksterior dibutuhkan untuk memperkenalkan pencahayaan natural gedung. BGKA membuka elevator sebelah barat dengan tirai kaca dan teras besar yang membungkus sisi utara, menciptakan sebuah perangkat shading dan menandai pintu masuk utama.

Sebuah jalan utama baru, memotong ke utara gedung, mengekspos lebih banyak elevator dan memungkinkan jendela tambahan. Teras bertingkat sepanjang jalan utama baru ini, menciptakan serangkaian ruang tambahan untuk tempat berkumpul di luar ruangan.

Desain juga memasukkan sistem cahaya langit sepanjang interior dari timur ke barat, menerangi "jalan utama akademik". Bukaan berbentuk elips yang sebelumnya berisi eskalator diatur ulang menjadi sebuah persegi panjang. Bukaan persegi lainnya dipotong ke lantai dua sepanjang rangka untuk menyediakan konektivitas visual dan memungkinkan cahaya dapat mencapai lantai dasar.

Pusat ruang geografis besar yang bernama "tangga sosial", dirancang untuk mendorong pertemuan dan interaksi. Jalan utama akademik secara efektif berfungsi sebagai kampus, sedangkan tangga sosial menciptakan ruang untuk kopi bar dan lounge kecil di bawahnya.

Kampus ini akan menjadi yang terbesar pada jenisnya di Amerika Serikat, dengan lebih dari 600 stasiun komputer untuk mengakomodasi sebuah basis komputer inovatif.

Highland akan terhubung ke hub transit utama, dengan rel kereta api yang direncanakan akan mengarah ke pusat kota, serta pinggiran utara kota.

Sebagai kampus kesebelas ACC, Highland Campus akan dibuka saat musim gugur 2014, dan siap menerima 6.000 mahasiswa.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com