Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Design Week", Mendekatkan Arsitektur dengan Masyarakat

Kompas.com - 10/10/2014, 17:05 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mendekatkan arsitektur kepada masyarakat, Ikatan Arsitektur Indonesia (IAI) Jakarta, menggelar Design Week 2.2 di Jalan Boulevard Timur 88, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Diselenggarakan pada 10-11 Oktober 2014, rangkaian acara Design Week 2.2 terdiri atas beragam pameran atau aktivitas arsitektur dan desain.

"Tahun 2011, kita survei ke warga, mereka ternyata tidak tahu apa itu arsitek dan arsitektur," ujar Ketua IAI Jakarta, Steve J. Manahampi, kepada Kompas.com, saat jumpa pers pada hari pertama pameran, Jumat (10/10/2014).

Steve menjelaskan, arsitek berbeda dengan kontraktor ataupun tukang gambar. Oleh karena itu, dia merasa perlu membuat acara arsitektur yang merakyat serta lebih mudah dijangkau. Penggunaan kata-kata arsitektur pun kemudian dikurangi. Pasalnya, selama ini, "arsitektur" terkesan teknikal, sehingga selain arsitek, tidak ada yang mengunjungi pameran-pameran arsitektur.

Padahal, acara ini juga bertujuan untuk menampung ide-ide desain yang bisa datang dari mana aja.

"Kita ingin arsitek menyadari bahwa inspirasi datang dari mana saja. Dalam acara ini, kan praktisi semua yang datang," kata Steve.

Menurut dia, ide-ide baru dapat muncul melalui acara ini, karena Design Week tidak hanya berbicara tentang arsitektur. IAI berkolaborasi dengan komunitas Biang Desain, yang mendiskusikan arsitektur dan desain dengan cara yang menarik.

"Bahkan kami juga merangkul komunitas batik dan mural," imbuhnya.

Design Week merupakan kegiatan rutin IAI Jakarta. Tahun ini, Design Week 2.2 diselenggarakan pada tanggal 6-12 Oktober 2014. Rangkaian Design Week diawali dengan penataran Strata IAI dan Bimbingan Pengajuan IPTB, SKA & AA serta Forum Biro tentang Ruang Lingkup Kerja yang berlangsung di Jakarta Design Centre pada 6-9 Oktober 2014.

Design Week diisi oleh berbagai aktivitas seperti workshop dan talksho yang diikuti Forum Rebranding Jakarta, Forum Tata Ruang Kita, Forum Konservasi & Pelestarian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com