Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Guangzhou IFC, Pencakar Langit dengan Helipad Tertinggi di Dunia

Kompas.com - 13/10/2014, 08:50 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

Sumber CTBUH
KOMPAS.com - Bukan Burj Khalifa, bukan pula The Kingdom Tower, melainkan Guangzhou International Finance Center yang didapuk sebagai pencakar langit dengan landasan helikopter tertinggi di dunia.

Menurut Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH), Guangzhou International Finance Center yang berada di kota Guangzhou, Tiongkok, memiliki fasilitas helipad yang berada di ketinggian 438 meter.

Sementara dalam perhitungan secara arsitektural, Guangzhou International Finance Center yang dirancang Wilkinson Eyre, saat ini merupakan supertall terjangkung kelima di Tiongkok, kedelapan se-Asia, dan menempati posisi tertinggi ke-11 di dunia dengan ketinggian 439 meter.

Meski Tiongkok memiliki gedung berfasilitas helipad tertinggi sejagat raya, namun masih kalah dari Korea Selatan yang ditahbiskan sebagai negara dengan fasilitas serupa terbanyak.

Survei CTBUH menyebutkan, Korea Selatan tercatat mengoleksi 39 persen atau 45 gedung berhelipad dari total 114 gedung setinggi lebih dari 200 meter yang tersebar di 13 negara.

Tiongkok mengekori di urutan kedua dengan 20 perobek angkasa berhelipad atau 18 persen. Kemudian Jepang 16 persen dengan 18 gedung, Amerika Serikat 9 persen dengan 10 gedung dan negara lainnya 10 persen.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com