Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terobosan Baru, Rak Bisa Menyiram Sendiri

Kompas.com - 01/10/2014, 18:24 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com -Anda ingin menjaga tanaman tetap terjaga tanpa perlu berupaya terus-menerus menyiraminya? Pikaplant adalah solusinya.

Perusahaan asal Amsterdam telah merilis "Pikaplant", yakni taman mini dengan upaya pemeliharaan tanaman yang tidak rumit.

Perusahaan tersebut mendesain pekerjaan ini dengan meniru siklus alami basah-kering pada air tanah. Hasilnya adalah sebuah rak yang dapat menyirami bunga, tumbuhan hijau, dan tanaman pakis, sehingga Anda tidak perlu meminta bantuan teman menyiramnya saat tengah berlibur.

Terkait mekanisme kerjanya, pengguna harus menempatkan wadah pada permukaan anyaman dan mengisi tadahan dengan beberapa liter air sekali dalam sebulan.

Jumlah air yang tepat melalui gravitasi dan aksi kaliper akan memfasilitasi fotosintesis. Gunakan rak ini sebagai tembok hijau atau pembatas ruangan untuk menambahkan udara segar pada interior. Rak ini juga tidak membutuhkan listrik.

Tanaman dapat memperkaya lingkungan dan membuat orang di sekitarnya lebih kreatif, lebih produktif, dan tidak mudah stres. Beberapa tanaman juga mampu membantu mengatur kelembaban dan menghilangkan racun di udara.

Perusahaan pembuat Pikaplant percaya bahwa produk ini tepat jika digunakan di sekolah, kantor, restoran atau kafe. Pikaplant yang diisi oleh bunga yang cerah, atau tumbuhan yang subur akan memberikan udara segar bagi interior mana pun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com