Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati "Sunrise" dan "Sunset" di Apartemen Brian Crano

Kompas.com - 22/09/2014, 13:58 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

Sumber NY Times
KOMPAS.com - Brian Crano, pembuat film, dan David Craig, aktor dan komedian, baru menyadari sulitnya memilih apartemen dengan karakter khusus di Brooklyn Heights atau Sidney.

Apartemen yang mereka temukan, kebanyakan tidak memiliki karakter khusus. Crano bercerita, apartemen tersebut bersifat "umum, dengan penataan ruang yang aneh." Mereka tidak melihat apartemen sebagai sebuah lingkungan, tetapi industri.

Namun demikian, apartemen yang ada di hadapan mereka punya ruang besar, dan pemandangan menakjubkan berupa Jembatan Brooklyn dan Manhattan.

"Saya menyadari kita dapat memberi pencahayaan, pemandangan, dan ruang bagi anjing. Jadi, saya pikir saya akan mengubah semuanya dan memulai dari awal," kata Crano.

Alih-alih membeli sebuah apartemen tunggal, mereka membeli dua unit di lantai atas apartemen, masing-masing berukuran 352 meter persegi. Namun, mereka tidak menggabungkan apartemen tersebut menjadi satu ruangan yang besar.

Mereka memutuskan untuk mencoba sesuatu yang tidak biasa, yakni menjaga apartemen tetap utuh dan mendesain satu ruangan privat, yakni ruangan tertutup seperti kamar tidur dan ruangan publik, yakni ruang terbuka untuk hiburan.

"Kami merencanakan semuanya berdasarkan cahaya. Kami ingin pemandangan matahari tenggelam berada pada ruangan publik dan matahari terbit pada ruang privat," kata Craig.

Bekerja sama dengan Sarah Zames dari perusahaan Brooklyn General Assembly Design, mereka memulai renovasi yang menghabiskan biaya 500 ribu dolar AS atau Rp 5,5 miliar.

Untuk Zames, tantangannya adalah bagaimana menghadapi lorong yang panjang dan ramping. "Tata letak mereka perlu diubah secara dramatis," kata Zames.

Kini satu sisi apartemen berisi ruang penuh cahaya yang dibuat untuk tempat memasak dan hiburan, sementara sisi yang lain dikhususkan sebagai ruang tidur utama dan kamar mandi, bersama dengan kamar mandi tamu.

Kamar tidur tamu tersembunyi dari ruang publik, yakni di bawah tangga. Ruang ini juga berfungsi sebagai ruang kerja Crano pada siang hari. Malam hari saat tidak digunakan, meja ruang kerja tersebut bisa dibuka untuk mengeluarkan matras lipat di dalamnya.

Setelah renovasi, tidak ada lagi lorong. Sehingga dua ruangan menjadi terhubung. Pada ruangan atap dibagi menjadi dua zona untuk anjing, dan pemilik. Zona ini dilengkapi oleh taman dan juga perapian.

Hidup dalam lingkungan yang terkendali, di mana setiap meter tercatat dengan cermat, memiliki kelebihan tersendiri.

"Segala sesuatu memiliki tempatnya. Setiap ruang benar-benar berguna. Ini adalah rumah yang sangat fungsional," jelas Crano.

Craig pun setuju bahwa apartemen tersebut adalah ruang pertamanya yang ia bisa gunakan seluruh ruangnya, bukan hanya satu area saja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NY Times
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com