Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Incuboxx", Cocok untuk Pebisnis Muda

Kompas.com - 16/09/2014, 18:27 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Inkubator bisnis sektor teknologi, informasi dan komunikasi atau information, communication and technology (ICT) diprediksi akan menjadi bagian dari jaringan teritorial kehidupan perkotaan dengan dimensi yang lebih luas.

Bangunan yang cocok untuk proses inkubasi bagi para pebisnis pemula adalah "incuboxx". Struktur konstruksi ini memang diperuntukkan bagi sarjana muda yang ingin membangun bisnis bersama di sektor ICT. Oleh karena itu, bangunan yang berlokasi di Rumania, ini dilengkapi dua tahapan bisnis yakni tahapan inkubasi (3 tahun) dan tahapan pengembangan konsolidasi (2 tahun).

archdaily Bangunan ini juga dilengkapi dengan ruang pameran, ruang rapat, kafetaria, gym, sebuah teras dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pebisnis muda.

Bangunan ini juga dilengkapi dengan ruang pameran, ruang rapat, kafetaria, gym, sebuah teras dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pebisnis muda. Pemilihan warna dan bahan material untuk desain bangunan ini terinspirasi oleh dua konsep utama, yakni kaum muda dan pengembangan berkelanjutan.

Berada di antara kemiringan rel kereta api dan jalan raya yang sibuk karena dilintasi area industri yang telantar, gedung ini didirikan untuk meningkatkan kondisi lingkungan secara visual dan fungsional.

Fasad sebelah barat bangunan utama menghadap ke jalan raya, memberikan latar berwarna untuk aktivitas perkotaan. Dinding berwarna biru tembus pandang, yang dapat berubah warna seiring cahaya pada siang hari dan bersinar saat malam hari. Dinding yang terbuat dari polikarbonat ini mengingatkan pada papan sirkuit. Pemasangannya unik, karena ditempel pada kisi-kisi struktur horisontal. Dari dalam, jendela ini membingkai pemandangan kota.

Untuk memasuki Incuboxx, Anda harus melewati sebuah tanjakan yang di baahnya terdapat kafetaria dan gym. Dari lantai ini, ruang parkir dan ruang servis dapat terlihat melalui celah dan lipatan tanah di bawahnya.

archdaily Fitur paling menarik dari bangunan ini adalah pencahayaan natural dan kesejukan. Selain itu, interior atriumnya memberi pasokan cahaya dan ventilasi ke inti bangunan.

Fitur paling menarik dari bangunan ini adalah pencahayaan natural dan kesejukan. Selain itu, interior atriumnya memberi pasokan cahaya dan ventilasi ke inti bangunan. Untuk ruang kantor yang disewakan, jendelanya membuat pertukaran udara menjadi optimal dan juga pencahayaan yang alami.

Sementara itu, fasad polikarbonat yang transparan, menyaring dan mengoptimalkan masuknya cahaya dari luar gedung. Selain itu, lahan yang belipat dan tanaman di sekitarnya membuat sebuah mikroiklim di mana pergerakan udara diatur untuk membuat temperatur sekitar bangunan tetap stabil.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com