Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arsitektur untuk Pengidap Kanker

Kompas.com - 14/09/2014, 10:47 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Diselenggarakan oleh New York School of Interior Design, dan kurator arsitek, Raymund Ryan, Carnegie Museum of Art membuat pameran baru, yakni Maggie's Centres: A Blueprint for Cancer Care, atau sebuah cetak biru bagi pengidap kanker.

archdaily Desain ini ditujukan bagi kebutuhan esensi manusia dan untuk perawatan pasien yang setiap hari harus melawan penyakitnya.
Pameran yang dibuka pada 13 September ini menunjukkan bagaimana Maggie's Centre bekerja dalam menyatukan desain arsitektur. Desain ini ditujukan bagi kebutuhan esensi manusia dan untuk perawatan pasien yang setiap hari harus melawan penyakitnya.

Desain karya Frank Gehry, Piers Gough, Steven Holl, Rem koolhaas, dan Richard Rogers telah diseleksi untuk ikut terlibat dalam pameran ini. Mereka juga memberi wawasan sebagai arsitek yang paling berpengaruh dalam usia muda dan telah mencoba melihat sisi positif dari penyakit kanker.

archdaily Desain karya Frank Gehry, Piers Gough, Steven Holl, Rem koolhaas, dan Richard Rogers telah diseleksi untuk ikut terlibat dalam pameran ini.
Selain itu, yang lebih signifikannya lagi, mereka mencoba melihat sisi perasaan dari fasilitas kesehatan. Maggie Keswick Jencks (1941-1955), pengarang The Chinese Garden: History, Art, and Architecture, percaya bahwa pasien tidak boleh "kehilangan kebahagiaan di saat sekarat".

archdaily Bangunan ini juga dipadukan dengan taman, dan menyediakan perawatan penuh bagi pasien.
Atas dasar pemikiran ini, setiap pusat perawatan kanker, disapu dengan warna cerah dan tidak lazim, untuk menekankan ruang interaksi sosial dan ruang kontemplasi pribadi. Bangunan ini juga dipadukan dengan taman, dan menyediakan perawatan penuh bagi pasien.

archdaily pameran ini memajang karya para maestro arsitek dengan judul; Gehry’s Maggie’s Dundee, Koolhaas’ Maggie’s Gartnavel, Rogers’ Maggie’s West London, Gough’s Maggie’s Nottingham, dan Holl’s Maggie’s Barts.
Dengan 16 bangunan utama dan 6 lainnya yang tengah dibangun, pameran ini memajang karya para maestro arsitek dengan judul; Gehry’s Maggie’s Dundee, Koolhaas’ Maggie’s Gartnavel, Rogers’ Maggie’s West London, Gough’s Maggie’s Nottingham, dan Holl’s Maggie’s Barts. Model, foto, gambar orisinil, serta foto alumni Maggie's Centre juga akan ditambahkan dalam ajang pameran.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com