Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apartemen Cantik dengan Fasad Mencolok

Kompas.com - 09/09/2014, 15:21 WIB
Arimbi Ramadhiani

Penulis

KOMPAS.com - Proyek ini terletak di tanah seluas 364 meter persegi, di pojok jalan Matias Romero and Dr. Jose Maria Vertiz. Proyek tersebut terdiri dari bangunan 6 lantai. Lantai pertama dibangun untuk lahan parkir dan lobi, sedangkan kelima lantai lainnya disediakan untuk apartemen dengan total 15 unit.

Berlokasi di pojok jalan, Marcos Hagerman mendesain fasad yang mencolok, namun tetap mempertahankan gaya bangunan sekitarnya. Untuk itu, dia mendesain sebuah jaring-jaring yang memberi kesan pergerakan pada fasad, ditambah balkon dan teras dengan gaya bervariasi pada tiap lantai.

Hagerman bekerja sama dengan desainer Ariel Rojo untuk membuat sebuah kisi-kisi beton yang berfungsi khusus sebagai fasad pelayanan (lahan parkir atau sirkulasi inti). Untuk memberi kesan kontras yang lebih nyata pada fasad, seluruh bangunan dibuat dari beton berwarna putih agar mudah membedakan antara apartemen dan pelayanan lahan parkir atau sirkulasi inti.

www.archdaily.com Sirkulasi vertikal dan tangga darurat berlokasi pada inti yang sama pada ujung bangunan, dan dibatasi oleh kisi-kisi beton agar terdapat sirkulasi udara yang konstan.
Pengoperasian bangunan ini dibedakan menjadi menara dan halaman. Sirkulasi vertikal dan tangga darurat berlokasi pada inti yang sama pada ujung bangunan, dan dibatasi oleh kisi-kisi beton agar terdapat sirkulasi udara yang konstan. Selain itu, terdapat lobi pada lantai dasar sebagai penghubung area parkir dengan sirkulasi vertikal.

Seluruh gedung ini memiliki ventilasi dan pencahayaan natural, seperti kamar mandi dan dapur. Sementara itu, atap gedung dibuat untuk penghuni eksklusif di lantai atas, terpisah dari penghuni biasa yang menempati seluruh apartemen.

Setiap lantai mengakomodasi 3 apartemen yang luasnya berkisar 65 sampai 95 meter persegi yang memiliki akses ke eksterior fasad. Untuk itu, Marcos Hagerman menambahkan taman interior agar semua apartemen mendapatkan pencahayaan yang cukup.

www.archdaily.com Seluruh gedung ini memiliki ventilasi dan pencahayaan natural, seperti kamar mandi dan dapur. Sementara itu, atap gedung dibuat untuk penghuni eksklusif di lantai atas, terpisah dari penghuni biasa yang menempati seluruh apartemen.
Untuk menurunkan sirkulasi, lorong dibagi oleh vertikal tensor yang dihiasi tanaman. Sementara area belakang berfungsi sebagai balkon pribadi. Seluruh apartemen memiliki balkon dan teras sehingga memberikan ruang yang besar pada apartemen yang kecil.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com