Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapura-Nanjing Kerjabareng Kembangkan "Eco High Tech Island"

Kompas.com - 18/08/2014, 08:04 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

KOMPAS.com - Perusahaan Singapura dan pemerintah Nanjing, Tiongkok, sepakat berkolaborasi membangun proyek raksasa "Eco High Tech Island" yang menggabungkan fungsi residensial, industri, dan komersial.

"Eco High Tech Island" ini memiliki luas area 15 kilometer persegi. Sejak diluncurkan, proyek ini tekah mendapat minat investor dari seluruh dunia. Dekitar 15 persen dari total area telah terjual, dan akan terus bertambah seiring progres pembangunan di lapangan.

Menurut Presiden Singapura, Tony Tan Keng Yam, separuh dari luas pulau ini akan dikembangkan sejumlah fasilitas dan fitur properti utama dan penunjang, dan separuh sisanya dialokasikan untuk cagar alam dan area terbuka hijau.

Di "Eco High Tech Island" ini juga akan diterapkan
sistem transportasi generasi berikutnya, yang akan memastikan perjalanan yang mulus bagi pejalan kaki dan pengendara. Proyek yang dipelopori oleh perusahaan Singapura Yanlord dan Sembcorp serta pemerintah Nanjing, bakal menjadi model bagi pembangunan berkelanjutan.

Chairman Yanlord, Zhong Sheng Jian, mengatakan, pembangunan telah berlangsung lancar selama dua tahun terakhir. Ini dimungkinkan lantaran "Eco High Tech Island" telah mendapatkan dukungan dari warga yang mendiami pulau ini.

"Mereka melihat kami telah mengubah pulau rawa dan terbelakang menjadi ramah lingkungan, indah, modern dan maju," ujar Jian.

Saat proyek ini selesai pada 2020, investasi diperkirakan mencapai 2,1 miliar dollar Singapura atau ekuivalen dengan Rp 19,6 triliun. Jumlah lapangan kerja terkait konstruksi proyek ini yang tersedia bagi warga setempat sebanyak 100.000 pekerjaan baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com