Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fase Terburuk, Okupansi Hotel di Dubai Anjlok!

Kompas.com - 13/08/2014, 13:38 WIB
Latief

Penulis

Sumber Bloomberg
KOMPAS.com - Okupansi hotel-hotel di Dubai memasuki fase terendah setidaknya dalam 18 tahun terakhir pada Juli lalu. Lebih dari setengah jumlah hotel-hotel itu bahkan kosong, demikian riset STR Global.

Data STR Global memaparkan, tingkat hunian hotel menurun 11,8 persen menjadi 45,4 persen dari tahun sebelumnya. Itu merupakan capaian terendah sejak perusahaan itu mulai melakukan riset pasar pasar perhotelan Dubai.

Dubai, yang semakin terkenal sejak hadirnya Burj al Arab, berencana menambah hampir dua kali lipat jumlah kamar hotel pada 2020 mendatang. Mereka mengharapkan adanya lonjakan pengunjung menjelang World Expo tahun itu.

Helal Saeed Almarri, Direktur Jenderal Pariwisata dan Perdagangan Dubai, mengatakan pada Maret lalu, bahwa Uni Emirat Arab menargetkan sekitar 160.000 kamar hotel, yang diantaranya adalah hotel bintang empat.

"Juli lalu adalah salah satu bulan terpanas di kawasan ini dan bertepatan dengan bulan puasa Ramadhan. Kota ini memiliki kecenderungan negatif secara keseluruhan, sementara pasokan terus tumbuh," Elizabeth Winkle, Managing Director STR Global.
 
Pada 2013 lalu Dubai berhasil menarik 11 juta wisatawan. Capaian itu naik 11 persen dari tahun 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com