Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Supermini, Cocok Bagi Para "Hipster"

Kompas.com - 11/08/2014, 12:55 WIB
Tabita Diela

Penulis

Sumber zillow
KOMPAS.com - Rumah supermini bernama The Mitter Box, ditawarkan Shelter Wise, seharga harga 35.000 dollar AS (sekitar Rp 409 juta). Untuk standard Indonesia, harga ini masuk kelas menengah, namun jauh lebih murah ketimbang rerata harga rumah di Amerika Serikat.

Menurut salah satu pemilik Shelter Wise, Derin Williams, rumah mungil yang memiliki roda di bawahnya ini populer di antara anak muda dan kelompok "hipster".

 
zillow Rumah supermungil ini memiliki atap segitiga, beberapa jendela berukuran kecil, dan sebuah pintu. Kreator rumah ini mengklaim bahwa rumah buatan mereka memiliki desain minimalis yang menarik.
Mengutip kamus Merriam-Webster, "hipster" adalah seseorang yang mengikuti gaya terbaru, baik dalam cara berpakaian, musik, maupun hal-hal lain. Namun, hal yang menarik dari The Mitter Box tidak semata-mata hanya peminatnya. Konstruksi rumah tersebut pun layak disimak.
 
Catherine Sherman dari Zillow menjelaskan, The Mitter Box merupakan hunian dengan ukuran 150 kaki eprsegi atau sekitar 14 meter persegi. Rumah supermungil ini memiliki atap segitiga, beberapa jendela berukuran kecil, dan sebuah pintu. Kreator rumah ini mengklaim bahwa rumah buatan mereka memiliki desain minimalis yang menarik.
 
"Kebanyakan rumah mungil terkesan seperti rumah pedesaan (rustic), seperti lemari. Saya mengambil sebuah rangka rumah Northeast dan menambahkan sentuhan akhir modern," ujar Williams.
 
zillow Rumah minimalis bukan berarti rumah yang dibangun dengan fitur serba terbatas. Rumah ini memiliki sistem insulasi, jendela kedap suara, dan tempat penyimpanan tersembunyi. Bahkan, rumah ini memiliki banyak detail yang tidak mudah disadari.
Rumah minimalis bukan berarti rumah yang dibangun dengan fitur serba terbatas. Williams mengatakan, rumah buatannya memiliki sistem insulasi, jendela kedap suara, dan tempat penyimpanan tersembunyi. Bahkan, rumah ini memiliki banyak detail yang tidak mudah disadari.
 
Hampir setiap barang-barang di dalam rumah ini memiliki fungsi ganda. Sebagai contoh, dapur bisa berfungsi sebagai meja makan hidrolik yang dapat diubah menjadi tempat tidur. Sementara itu ada pula kamar mandi yang didesain untuk mandi dengan pancuran, sekaligus sebagai kloset dengan WC.
 
zillow Ide menarik ini timbul ketika Derin Williams dan isterinya, Andra Williams, pulang dari Afrika. Seusai mengunjugi benua tersebut, Williams menyadari bahwa manusia bisa hidup dengan berbagai keterbatasan. Karena itu, mereka ingin membuat hunian yang hemat tempat dan hemat energi.
Ide menarik ini timbul ketika Derin Williams dan isterinya, Andra Williams, pulang dari Afrika. Seusai mengunjugi benua tersebut, Williams menyadari bahwa manusia bisa hidup dengan berbagai keterbatasan. Karena itu, mereka ingin membuat hunian yang hemat tempat dan hemat energi. 
 
"Rumah mungil menarik bagi orang yang kekurangan dan mencoba memulai kembali. Rumah mungil ini bisa membantu banyak orang," ujar Williams.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com