Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cukup dengan Cuka dan "Baking Soda", Saluran Air Bersih Seketika!

Kompas.com - 09/08/2014, 16:24 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com -  Pasar-pasar swalayan dan toko penyedia barang-barang keperluan rumah tangga menyediakan solusi pembersih saluran air yang efektif. Sayangnya, pembersih semacam ini umumnya mengandung asam sulfat yang berbahaya bila tersentuh kulit manusia. Adanya kontak dengan kulit manusia saja sudah menyebabkan kulit terbakar, apalagi jika tertelan, atau terciprat ke mata.

Untuk menghindari efek samping ini, penghuni rumah bisa menggunakan pembersih saluran air yang alami. Anda hanya memerlukan setengah cangkir baking soda (pengembang kue), satu cangkir cuka putih, sekitar empat liter air panas, dan sari lemon.

Pertama, tuangkan pengembang kue ke dalam saluran air yang mampat. Pengembang kue tergolong alkalin yang bisa mengurai lemak dan kotoran dalam saluran air serta pipa.

Sementara pengembang kue bekerja di saluran air, campurkan cuka putih dan sari lemon. Kemudian, tuangkan campuran ini ke dalam saluran air. Asam pada cuka akan membuat pengembang kue berbusa. Proses agitasi inilah yang akan mempermudah Anda membilas saluran.

Biarkan selama lima menit. Setelah itu, tuangkan air panas. Air akan membersihkan busa dan kotoran menempel. Proses ini relatif tidak menghabiskan banyak waktu. Pemilik rumah bisa kembali melakukan kegiatan seperti biasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com