Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kabar Gembira, Harga Rumah Tidak Naik Jelang Lebaran!

Kompas.com - 14/07/2014, 14:36 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak seperti sembilan bahan pokok dan makanan yang harganya selalu melejit saat Ramadhan dan jelang Lebaran. Harga rumah justru tidak mengalami kenaikan.

Beberapa pengembang memilih untuk tidak menaikkan harga produk propertinya selama Ramadhan maupun menyambut Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

PT Cowel Development Tbk., contohnya. Pengembang yang membangun perumahan Borneo Paradiso di Balikpapan, Kalimantan Timur, ini menawarkan harga jual sesuai dengan patokan harga pada bulan sebelumnya.

"Kami tidak akan menaikkan harga jual rumah. Yang ada justru kami mau melansir klaster baru "berbau" Islami yakni klaster Madani dan mulai melakukan konstruksi untuk Masjid Agung Borneo di dalam kawasan perumahan," kata Direktur Cowell Development, Ferry Supandji.

Demikian halnya dengan PT Metland Tbk. Mereka tidak akan mengubah harga jual perumahan yang dikembangkannya seperti Metland Cileungsi, Metland Menteng, atau Metland Transyogie.

Menurut Marketing Executive Metland Cileungsi, harga rumah di klaster yang masih dipasarkan saat ini yakni Gardenia, dan Magnolia masih sama dengan harga patokan pada Juni 2014. Harga rumah tipe 40/84 sekitar Rp 419 juta di klaster Magnolia, dan Rp 373 juta untuk rumah tipe yang sama di klaster Magnolia.

"Harga akan meningkat bila pembangunan Mal Metropolitan di Metland Transyogi yang berada tepat di sebelah Metland Cileungsi mulai menampakkan progresnya," tutur Yulistiana kepada Kompas.com, Senin (14/7/2014).

Sementara unit-unit rumah di Grand Matoa, Jakarta Selatan, yang dibangun Cenas Rayaland, masih berkisar Rp 2,1 miliar untuk tipe 98/562.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com