Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rupiah Masih Lemah, Sektor Perkantoran Makin Perkasa

Kompas.com - 03/07/2014, 14:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rupiah boleh saja terpuruk. Berdasarkan kurs referensi Bank Indonesia atau JISDOR, rupiah berada di Rp 11.854 per dollar AS. Namun, sektor properti khususnya perkantoran tetap cemerlang.

Hal tersebut ditandai dengan tingkat okupansi (hunian) gedung-gedung perkantoran di kawasan central business district (CBD) Jakarta yang masih berada pada level 96,5 persen.

Menurut riset Colliers International Indonesia, pelemahan nilai tukar rupiah tidak akan mengganggu dan mengubah transaksi sektor perkantoran. Pasalnya, sejauh ini transaksi sektor perkantoran merupakan investasi jangka panjang.

"Perubahan nilai tukar memang merupakan sesuatu yang sensitif. hanya berpengaruh pada bisnis yang pendapatannya tidak dalam dollar atau pun penyewa yang masa sewanya sudah berakhir. Namun itu tidak sampai membuat investor perkantoran melakukan relokasi dari gedung A ke B dengan perbedaan klasifikasi dan harga sewa atau bahkan menunda ekspansi," tutur Associate Director Research Colliers International Indonesia, Ferry Salanto, kepada Kompas.com, Kamis (3/7/2014).

Fluktuasi rupiah, kata Ferry, masih bisa diatasi. Nilai tukarnya pun masih berada dalam batas aman, belum menyentuh Rp 13.000 atau Rp 15.000. "Kalau itu terjadi, sektor perkantoran akan diwarnai negosiasi ulang antara land lord dan penyewa. Sehingga ada batasan exchange rate yang akan dibuat menjadi flat. Hal ini pernah terjadi pada 2008-2009 lalu. Sejauh ini sih masih bisa diatasi," imbuh Ferry.

Dari data Colliers, gedung perkantoran yang akan menambah pasokan baru di CBD Jakarta pada semester II 2014 adalah Sinarmas MSIG di Jl Sudirman, Gran Rubina di Jl HR Rasuna Said, Kuningan, The Convergence di Rasuna Epicentrum, Kuningan, dan Noble House di Mega Kuningan, Jakarta Selatan.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com