Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kecoa Gampang Masuk Rumah? Ini Cara Menangkalnya!

Kompas.com - 30/06/2014, 14:55 WIB
M Latief

Editor

KOMPAS.com - Hal yang membuat jengkel ketika hujan deras dan banjir adalah munculnya kecoa. Datangnya tidak satu dua, tapi banyak.

Itulah sekelumit pengalaman pernah dialami Indah Wardhani dari Kelapa Gading, Jakarta Utara. Setelah diamati, ternyata kecoa-kecoa itu berasal dari saluran pembuangan di kamar mandi.

Nah, bagaimana mencegah kecoa-kecoa itu datang kembali? 

Menurut Ketua Umum Asosiasi Toilet Indonesia (ATI), Naning Adiwoso, masuknya kecoa dengan gampang ke saluran pembuangan itu karena Anda langsung membuang air ke saluran kota/sungai. Saat musim hujan, air di dalam sungai dan got meluap. Pada kondisi itulah kecoa akan berbondong-bondong menyelamatkan diri melalui pipa drainase. Mereka kemudian keluar dan langsung menuju kamar mandi Anda.

Selain itu, masuknya kecoa dapat disebabkan saluran pembuangan yang tidak tertutup dengan baik. Solusinya, pasang floor drain dengan lubang yang tidak besar. Atau, Anda dapat membeli floor drain tanpa lubang, namun dapat dibuka-tutup. Jika tidak dipakai, alat ini ditutup, dan saat ingin mengalirkan air dapat dibuka.

Memang, floor drain seperti ini harganya cukup mahal. Namun, penggunaannya efektif untuk mencegah kecoa masuk ke dalam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com