Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Kopi, Bau Pesing sampai "Morning Sickness" Hilang!

Kompas.com - 04/06/2013, 12:12 WIB

KOMPAS.com - Selain menyeruput rasa kopi yang mantap dan menikmati keharumannya, ternyata masih ada hal lain dapat kita lakukan dengan kopi. Hal tersebut berhubungan dengan perawatan rumah.

Berikut ini beberapa kelebihan kopi yang dapat dimanfaatkan di rumah Anda:

Bau tak sedap

Fungsi "sampingan" kopi yang pertama ini sudah cukup banyak dikenal, yaitu untuk menghilangkan bau tak sedap. Anda hanya perlu memasukkan kopi giling atau kopi bubuk pada kain, kemudian gantung pada ruangan berbau tidak sedap. Letakkan bungkusan kopi pada kamar mandi atau laci Anda. Anda juga bisa menempatkan satu mangkuk kecil kopi pada lemari es untuk mencegah munculnya bau tidak sedap dalam lemari es.

Mengusir semut

Fungsi kedua adalah mengusir semut. Anda bisa menaburkan bubuk kopi pada area-area sudut dapur atau ruangan lain di rumah Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mengusir semut dari dapur. Bahkan, Anda bisa menaburkan bubuk kopi di taman untuk melindungi tanaman dari serangga.

Pembersih piring dan gelas

Meski memiliki warna gelap, ternyata kopi juga dapat digunakan sebagai pembersih piring dan peralatan memasak lainnya. Kopi mampu menghilangkan bau tak sedap dari telur atau bawang putih. Selain itu, kopi juga mampu membersihkan perlengkapan memasak dari noda membandel.

Bau hewan peliharaan dan pesing

Berbagai bau tidak sedap benar-benar mampu dihilangkan, termasuk bau tidak sedap dari binatang peliharaan Anda. Caranya, letakkan satu kantung biji kopi di sekitar sofa Anda untuk menghilangkan bau binatang peliharaan.

Sementara itu, untuk menghilangkan bau pesing, panaskan satu sendok kopi selama dua hingga tiga menit. Keharuman kopi akan menyebar dalam ruangan Anda.

"Morning sickness"

Bagi Anda yang sedang hamil, menyimpan biji kopi di nightstand kamar tidur Anda dapati menjadi solusi tepat untuk menghindarkan Anda dari morning sickness. Cara kerjanya hampir sama dengan ketika Anda menghirup keharuman kopi sebelum menghirup parfum. Kopi dapat menetralkan penciuman Anda.

Menggemburkan tanah

Terakhir, Anda dapat memanfaatkan kopi untuk menyuburkan tanaman Anda. Gemburlan tanah sembari menaburkan bubuk kopi di atasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com