Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lahan Terbatas, Pengembang "Jamah" Gedung Tua

Kompas.com - 03/06/2014, 18:32 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Keterbatasan ruang terjadi di hampir semua kota besar di seluruh dunia. Di New York, Amerika Serikat, tepatnya di daerah Brooklyn Heights, hal tersebut juga terjadi.

Menyiasati hal ini, para pengembang lokal mulai membidik bangunan-bangunan tua, seperti bank yang sudah tidak digunakan, asrama, gereja, bahkan kantor polisi New York untuk diubah dan dijadikan hunian baru.

Seperti dikutip dalam NYdailynews.com, mengubah bangunan tua untuk digunakan kembali sebagai hunian bukan hal mudah. Namun, pengembang yang berani melakukan hal ini bisa meraup banyak keuntungan.

"Anda sangat beruntung jika menemukan sebidang tanah untuk membangun satu atau dua rumah," ujar pengembang Roger Fortune dari Stahl Organization. "Jadi Anda akan melihat para pengembang mencoba mengonversi bangunan-bangunan komersial."

Khususnya di Brooklyn Heights, kurangnya lahan yang bisa dikembangkan memaksa para pengembang menyulap beberapa bangunan. Sumber yang sama menyatakan bahwa tiga asrama Brooklyn Law School di 100 Pierrepont St., 27 Monroe Place dan 38 Monroe Place akan diubah menjadi mansion-mansion besar oleh suami Ivanka Trump, Jared Kushner.

Selain itu, ada pula bangunan di persimpangan Pierrepont dan Clinton Sts., yang dulunya dikenal sebagai kantor bank Brooklyn Trust Co. Lantai atas bangunan bergaya Italian Renaissance tersebut akan diubah oleh Stahl Organization.

Khusus untuk bangunan yang akan diubah Stahl Organization, lantai dasarnya masih akan digunakan sebagai bank. Stahl Organization hanya akan mengubah lantai-lantai di atas bank tersebut.

Proses pembelian dan pembangunan kembali bangunan-bangunan tua ini memang tidak tiba-tiba. Stahl dikabarkan sudah memperoleh bangunan yang akan dikembangkannya pada tahun 2008 dengan harga 9,7 juta Dollar AS (sekitar Rp 114,6 miliar).

Bangunan tersebut akan diubah menjadi 12 hunian mewah berukuran cukup besar. Setiap hunian berupa kondominium ini akan memiliki setidaknya tiga kamar tidur. Semuanya memiliki akses menuju teras komunal, tempat bermain anak, pusat kebugaran, bahkan spa untuk hewan peliharaan.

Harga akan turun

Dengan pasokan hunian yang bertambah, harga hunian setahun ke depan kemungkinan akan turun. Setidaknya 144 unit kondominium akan dijual di 388 Bridge St. di pusat kota Brooklyn tahun ini. Selain itu, kabarnya juga akan ada tambahan 108 unit baru di Pierhouse pada 2015.

"Inventaris besar, berarti kekuatan yang lebih besar bagi para pembeli," ujar analis StreetEasy, Alan Lightfieldt. Menurut Lightfieldt, median harga jual akan kembali seimbang setelah pasokan hunian bertambah di lokasi tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com