Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Ini "Murah" tapi Berhantu, Anda Tertarik?

Kompas.com - 02/05/2014, 14:43 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Di balik setiap penawaran menarik, tampaknya selalu ada kekurangan. Tidak terkecuali penawaran sebuah rumah cantik yang ada di Chicago, Amerika Serikat, berikut ini. Meski dipandang "murah" karena tidak sebanding dengan keindahan dan nilai historisnya, bangunan tersebut dikabarkan berhantu.

Bangunan bernama The Hiram B. Scutt Museum yang berada Negara Bagian Illinois ini sudah dibangun lebih dari satu abad lalu. Sesuai namanya, arsitek James Weese mendesain rumah tersebut bagi Scutt pada 1882.

Rumah ini memiliki tiga lantai dan berukuran cukup luas. The Hiram B. Scutt Museum memiliki luas 460,7 meter persegi. Sekeliling rumah dibangun dengan bata merah yang ikonik.

Kini, The Hiram B. Scutt Museum termasuk dalam daftar bangunan-bangunan bersejarah atau secara resmi dikenal dengan sebutan National Register of Historic Places. Tak hanya itu, rumah ini juga masuk dalam listing penjualan broker properti dengan harga 159.000 dollar AS atau sekitar Rp 1,8 miliar.

Huffington Post menyebutkan, rumah ini memiliki masa lalu yang "gelap". Karena itu, tidak heran jika kemudian timbul rumor bahwa rumah ini berhantu. Bahkan, ada pula saksi mata dan tim investigasi paranormal yang berani menyatakan bahwa rumah tersebut berhantu.

Salah satu kejadian yang seolah mengukuhkan rumor tersebut adalah tertembaknya seorang pria bernama Steven Jenkins berusia 19 tahun pada 2004 di rumah ini. Jenkins tertembak pada sebuah pesta.

Kemudian, Seth Magosky yang membeli rumah ini beberapa tahun setelahnya tewas mendadak pada 2007. Magosky menghembuskan napas terakhirnya hanya enam bulan setelah dia mencoba mengubah mansion ini menjadi museum zaman Victoria.

Agen properti Maria C. Cronin tidak percaya bahwa rumah ini berhantu. Namun, satu kelompok paranormal mengungkapkan bahwa arwah-arwah anak kecil, serta pemilik sebelumnya bisa ditemukan di tempat ini. Pengamat spiritual dan cenayang Edward Shanahan juga menulis pada 2010 dalam blognya, Chicago Paranormal and Spiritual, bahwa mansion ini dikenal juga dengan "Barb Villa" dan sangat berhantu.

Anna Aaron
"Kamar boneka" di dalam The Hiram B. Scutt Mansion. Kamar inilah yang disebut kamar paling berhantu di rumah tersebut. 


Salah satu titik yang dilaporkan paling berhantu adalah "kamar boneka" di lantai ketiga. Kamar tersebut berisi penuh dengan boneka. Namun, situs Realtor.com menampilkan suasana baru rumah ini, dan boneka-boneka tersebut sudah disingkirkan. Anda tertarik?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com