Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Khusus Berbelanja di Pasar Loak

Kompas.com - 02/04/2014, 09:15 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Barang-barang antik dan istimewa tidak hanya bisa Anda peroleh di toko-toko desainer ternama. Pasar-pasar loak juga berpotensi menyimpan "harta karun" berupa furnitur antik atau karya seni otentik. Harganya pun lebih "miring".

Namun, sebelum berangkat ke pasar loak, Anda perlu tahu trik khususnya. Tanpa berhati-hati, Anda bisa tertipu dan mengeluarkan lebih banyak uang. Desainer interior Bob Richer punya trik yang bisa Anda coba kala mengunjungi pasar loak.

Pertama-tama, perhatikan harga yang ditawarkan oleh penjaja barang di pasar loak. Melihat dari kacamata pembeli, Anda tentu ingin memperoleh barang dengan harga semurah mungkin. Untuk mendapat hal tersebut, cobalah jeli melihat kesempatan. Jika tampaknya "pesaing" Anda atau orang yang ingin memperoleh barang tersebut tidak banyak, hindari pembelian langsung. Pulang, dan pikirkan baik-baik sesampainya di rumah. Kembali ke pasar loak keesokan harinya, baru beli dengan harga yang sesuai.

Menurut Richer, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk mendapatkan harga yang "pas" di kantong. "Cobalah menunjukkan ketertarikan yang tulus dan jangan menonjolkan keburukan barang di hadapan penjual," ujar Richer.

Perhatikan dulu harga yang tertera di barang-barang bekas tersebut. Jika tidak ada, Anda tentu boleh menanyakan harganya. Di Indonesia, biasanya penjual akan segera memberikan "harga khusus" bagi Anda. Namun, jika Anda pergi mengunjungi pasar-pasar loak di luar negeri, Anda bisa berinisiatif menanyakan harga terbaik yang bisa mereka berikan. Selanjutnya, cobalah tawar antara 10 sampai 20 persen lebih rendah. Hindari menawar terlalu banyak.

Jika sampai pada harga yang Anda sepakati, usahakan membayar dengan uang tunai. Kartu kredit, debit, apalagi cek belum tentu diterima oleh penjual barang antik.

Kedua, jangan buang-buang tenaga Anda. Pasar loak biasanya berisi berbagai macam barang. Tidak hanya furnitur, Anda juga bisa mendapatkan perhiasan, baju, hingga alat elektronik. Anda tidak perlu mengunjungi semua bagian di pasar loak. Berbelanja di pasar loak membutuhkan ketelitian, kesabaran, dan mood yang optimal. Menghemat tenaga bisa membuat Anda lebih teliti ketika memeriksa barang yang diincar.

Ketiga, incar barang yang memang sulit didapat. Richer menganjurkan agar Anda membeli karya seni, pigura, dan kaca. Selain di pasar loak, barang-barang seperti ini sebaiknya Anda cari di acara-acara "cuci gudang". Pasalnya, para penjaja barang di "cuci gudang" enggan membawa pulang barang-barang pecah belah. Anda juga bisa mencari kaos konser, kacamata hitam, buku, dan prints atau cetakan-cetakan cantik berpigura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com