Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Halte-halte Cantik, Lebih dari Sekadar Tempat Menunggu Bus...

Kompas.com - 11/03/2014, 14:23 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Lebih dari sepuluh tahun lalu, fotografer Christopher Herwig mengelilingi Eropa dengan sepeda. Dalam perjalanannya, dia menemukan halte-halte bus dengan bentuk yang jauh berbeda dari halte bus pada umumnya. Imajinatif, unik, dan menakjubkan.

Sayangnya, halte-halte itu berada di daerah sepi dan tampak tertinggal. Sang fotografer kemudian punya misi untuk mengabadikannya.

Pada awalnya, Herwig menuturkan bahwa tekadnya hanya ingin mengambil gambar apa saja dia temukan sepanjang perjalanan. Dia justru menemukan adanya bangunan-bangunan mungil di sepanjang perjalanan yang rupanya digunakan sebagai tempat pemberhentian bus.

Bagi Herwig, bangunan-bangunan itu ternyata lebih dari sekadar bangunan fungsional. Mereka berdiri sebagai instalasi seni permanen.

Herwigphoto.com Halte bus yang ada di Gagra, Abkhazia.

"Ketika bicara mengenai tempat pemberhentian bus, biasanya kita bicara mengenai shelter di pinggir jalan untuk menunggu bus. Halte-halte ini adalah karya seni yang paling cantik, paling kreatif, dan menakjubkan," ujar Herwig.

"Menakjubkan karena dibangun di bawah era Soviet," tambahnya.

Herwigphoto.com Halte bus di Karakol, Kyrgyzstan.

Dia juga menggarisbawahi bahwa biasanya halte bus sudah punya pakem bentuk fungsional. Namun, dia justru menemukan ribuan halte bus dengan desain arsitektur sangat cantik. Halte-halte itu tampil lebih dari sekadar tempat menunggu bus datang.

Herwigphoto.com Halte bus di Kootsi, Estonia.

Herwig kini sudah merampungkan misinya mengelilingi Latvia, Lithuania, Estonia, Rusia, Kirgistan, Uzbekistan, Tajikistan, Turkmenistan, Kazakhstan, Ukraina, Moldova, Georgia (bukan Georgia di Amerika Serikat), Armenia, dan Abkhazia. Dia masih memiliki satu misi lagi berupa kampanye Kickstarter untuk menjilid dan memasarkan petualangannya dalam satu buku edisi terbatas. Herwig memberi judul "Soviet Bus Stops".

Buku ini tidak hanya bertujuan untuk mengenalkan karyanya ke seluruh dunia. Cita-cita Herwig yang lain adalah menjaga keutuhan halte-halte ini. Menurutnya, sebagian harta arsitektur ini sudah mulai rusak dan akan hilang dari peradaban selamanya.

Herwigphoto.com Halte bus yang berada di Falesti, Moldova.

Seperti dikutip dalam Archdaily, halte-halte ini dibuat oleh Republik Soviet. Menurut Herwig, ini adalah "koleksi paling tidak masuk akal dari desain halte bus kreatif dari era Soviet yang pernah didirikan". Simak sendiri video perjalanan Herwig berikut ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com