Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canggih, Pilar Hotel Bisa "Membaca" Cuaca

Kompas.com - 19/02/2014, 16:50 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com — Film yang dibintangi Adam Sandler berjudul Bedtime Stories memberikan pandangan menarik soal lobby hotel di mata anak-anak.

Menurut tokoh yang diperankan Sandler dalam film tersebut, hotel adalah tempat aneh dan menakjubkan. Sekadar bersantai di lobi, tidur di tempat tidur baru, atau melompat-lompat di elevator menjadi pengalaman yang tidak tergantikan bagi anak-anak.

Nah, hotel Sheraton Gunter di San Antonio, Amerika Serikat, tampaknya mampu memberikan pengalaman serupa bagi orang dewasa berkat "pilar cerdas" di lobi hotelnya.

Instalasi interaktif bernama "Communication on Color" yang dibuat oleh studio arsitektur Arktonik di awal tahun ini menampilkan pilar-pilar penuh warna. Pilar yang diterangi oleh lampu-lampu LED ini bereaksi sesuai pergerakan pengunjung hotel di sekitarnya.

www.designboom.com Instalasi interaktif bernama
Sistem interaktif tersebut terdiri atas empat alat-alat input, yaitu detektor warna, sensor gerak, sensor suara, dan Wi-Fi. LED RGB yang ditanam di sekeliling pilar akan merespons pada pergerakan tamu hotel dan suara. Menurut studio arsitektur yang membuatnya, karya ini akan  membangun hubungan antara tamu hotel dan ruang tempatnya berada. Selain pergerakan tamu hotel, pilar ini pun menghimpun data informasi cuaca serta pesan dalam media sosial.

Ketika seorang tamu hotel mengunjungi lobi, pilar tersebut akan mendeteksi kehadirannya lewat sensor gerak dan suara. Perubahan posisi maupun suara yang dihasilkan oleh tamu tersebut mampu mengubah tampilan pilar. Mulai dari warna oranye, kuning, hingga merah muda dan kuning akan ditampilkan oleh pilar.

Tidak hanya itu, pilar juga akan memberikan tampilan berbeda ketika mendapatkan tweet dari tamu hotel. Bila hal ini belum cukup megagumkan, pilar tersebut pun menampilkan warna biru jika cuacanya cerah, kuning jika cuaca tampak normal, dan merah jika cuaca di luar hotel sedang buruk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com