Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Rumah Pohon" Ini untuk Penghuni Berkebutuhan Khusus

Kompas.com - 16/02/2014, 12:49 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Memiliki kebutuhan fisik khusus bukan alasan untuk tidak bisa menikmati kehidupan, serta kebahagiaan sederhana yang didapat dengan menikmati alam. Karena itu, perusahaan arsitektur asal Inggris, 6a architects, membangun fasilitas yang bisa diakses oleh penghuni rumah berkebutuhan khusus. Perusahaan arsitektur tersebut membuat "Tree House" atau "Rumah Pohon" sebagai volume tambahan di Tower Hamlets, London, Inggris.

"Rumah Pohon" menempel pada cottage atau pondok yang dimiliki oleh seorang perempuan pengguna kursi roda. Seiring waktu, pemilik pondok yang dibangun pada 1830 tersebut semakin bergantung pada kursi rodanya. Maka itu, 6a architects mencoba memperbesar ruang gerak pemilik rumah dengan membuat bangunan tambahan seluas 57 m2. Bangunan tersebut memiliki akses mudah bagi pengguna kursi roda, namun tetap menawarkan kenyamanan.

6a architects Alih-alih menggunakan tangga yang sulit dilewati oleh pengguna kursi roda, rumah pohon karya 6a architects menggunakan jalur landai. Dengan cara ini, para pengguna kursi roda bisa menikmati hari yang tenang di antara pepohonan tanpa kesulitan.

6a architects membuat jalur yang menyambungkan interior pondok dengan taman di depannya. Perusahaan tersebut juga memastikan adanya akses antara volume eksisting dan "Rumah Pohon" baru. Dua bangunan tersebut dihubungkan dengan jalur landai yang menghubungkan antara ruang keluarga dari bangunan lama menuju area masuk "Rumah Pohon".

6a architects Meski dibuat khusus, rumah pohon karya 6a architects ini tidak kalah menyenangkan dengan rumah pohon yang biasa digunakan anak-anak untuk bersembunyi. Rumah pohon ini justeru mewujudkan impian yang sempat terbelenggu keterbatasan.

Volume baru yang diciptakan 6a architects dibangun di permukaan teras. Pemilik sebelumnyalah yang membuat teras tersebut. Pada awalnya, teras digunakan sekadar untuk memandang lapangan hijau tidak jauh dari rumah. 6a architects memperbaiki area tersebut dengan menambahkan beberapa hal, termasuk kamar tidur dan ruang cuci. Ruang-ruang ini memungkinkan penggunanya menikmati pemandangan di luar dengan jendela-jendela berukuran besar.

6a architects Interior rumah pohon khusus. Ruang yang luas memudahkan pergerakan kursi roda.

6a architects menyampurkan interior dan eksterior dalam cara yang dinamis. Mereka menggunakan kayu-kayu bekas pakai sebagai rangka dan pondasi proyek ini. Lembaran kayu juga digunakan untuk melapisi "Rumah Pohon" tersebut pada bagian eksterior. Sementara, tripleks berwarna pucat menyelimuti bagian interiornya. Pendekatan yang tampak alami ini membuat hasil karya 6a architects semakin menyerupai rumah pohon sederhana yang biasanya digunakan sebagai tempat bermain oleh anak-anak.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com