Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Calon Wali Kota Bakal Menyulap Stasiun Arsenal Jadi Kelab Malam

Kompas.com - 10/02/2014, 20:06 WIB
Tabita Diela

Penulis

KOMPAS.com - Nathalie Kosciusko-Morizet, politisi Perancis yang kini tengah melakukan kampanye untuk maju sebagai Wali Kota Paris melontarkan ide-ide unik memperbarui stasiun kereta bawah tanah (Métro) Arsenal, di kotanya.

Setidaknya ada 11 pemberhentian Métro di Prancis yang sejak Perang Dunia II tidak lagi digunakan akibat kurangnya penumpang, sebagian tidak pernah dibuka untuk umum. Kosciusko-Morizet mengambil peluang ini dan mengusulkan untuk mengubah stasiun-stasiun tersebut sebagai kolam renang, restoran, galeri seni, teater, bahkan kelab malam.

 
curbed.com Ide-ide unik Kosciusko-Morizet tersebut didukung oleh arsitek Manal Rachdi dan Nicolas Laisné.
Ide-ide unik Kosciusko-Morizet tersebut didukung oleh arsitek Manal Rachdi dan Nicolas Laisné. Hingga saat ini, ide-ide unik tersebut memang masih tergolong mentah. Jika Kosciusko-Morizet terpilih pada Pemilu Maret mendatang, ide ini akan dikembangkan kembali.

curbed.com Ide-ide ini mendapat sambutan baik dari publik, khususnya lewat publikasi internet. Salah satu alasannya, karakter fisik stasiun Métro mampu menyediakan akustik istimewa sebagai teater.
Beberapa rencana kasar yang sudah dipublikasikan adalah rencana pengubahan stasiun sebagai kolam renang, teater, restoran, galeri seni, dan kelab malam. Ide-ide ini mendapat sambutan baik dari publik, khususnya lewat publikasi internet. Salah satu alasannya, karakter fisik stasiun Métro mampu menyediakan akustik istimewa sebagai teater.

curbed.com Kondisi stasiun Métro yang dijadikan dasar rendering ide-ide Kosciusko-Morizet kini tampak mengenaskan. Stasiun Arsenal yang dibangun pada 1906 di 4th Arrondissement, Paris tersebut tutup pada 1936.
Kondisi stasiun Métro yang dijadikan dasar rendering ide-ide Kosciusko-Morizet kini tampak mengenaskan. Stasiun Arsenal yang dibangun pada 1906 di 4th Arrondissement, Paris tersebut tutup pada 1936. Hingga hari ini, stasiun Arsenal digunakan oleh RATP, operator transportasi Paris, sebagai tempat pembuangan barang dan alat-alat percobaan.

Seperti dikutip dalam Messy Nessy Chic, ada delapan stasiun tidak terpakai di Paris yang kemungkinan cocok untuk diperbarui. Stasiun tersebut antara lain Champ de Mars, Arsenal, Porte Molitor, Haxo, Croix Rouge, Porte des Lilas, Saint Martin, dan Martin Nadaud.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com